Segini Penghasilan Badut dan Ondel-ondel di Jakarta, Ada yang Sampai Rp500 Ribu per Hari

Ondel-ondel
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Keberadaan badut dan ondel-ondel sepertinya bukan lagi hal asing di kota-kota besar di Indonesia khususnya di Jakarta. Bahkan, hampir di setiap persimpangan, mulai dari pagi hingga malam hari mereka dapat ditemui.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Para badut dan ondel ondel ini biasa menghias diri mereka dengan kostum yang memiliki warna cerah. Tujuannya, agar anak-anak yang melihat tertarik untuk berinteraksi dan para orangtua dengan suka rela memberi mereka uang.

Badut Hibur Anak-anak Korban Banjir di Pengungsian

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa
Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Berkat cara tersebut, ternyata para badut dan ondel-ondel bisa mendapatkan uang hingga ratusan ribu dalam satu hari. Hal ini diketahui dari unggahan akun TikTok @kementerian.keduitan yang dilihat pada Senin, 23 Oktober 2023.

Dalam video yang diunggah akun tersebut, pengunggah mewawancarai sejumlah badut jalanan dan ondel-ondel. Ia menanyakan berapa penghasilan rata-rata yang didapat selama seharian berkeliling di jalan-jalan Ibu Kota.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

“Rata-rata penghasilan per hari berapa?” tanya perekam video.

Menjawab pertanyaan itu, dua orang badut jalanan mengungkap penghasilan mereka per hari rata-rata Rp200 sampai Rp500 ribu. Mereka mengatakan, dari pendapatan tersebut, dikurangi Rp50 ribu untuk biaya sewa kostum.

“Rp200 ribu, (sewa kostum sehari) 50 ribu,” ujar badut laki-laki

“Gopek, Rp500 ribu,” sambung badut perempuan

Saat ditanya berapa penghasilan terbesar yang pernah didapat. Kedua badut itu menjawab Rp400 sampai Rp 700 ribu. Mereka mengungkap biasanya penghasilan besar tersebut didapat di malam Minggu.

Adapun, dua ondel-ondel mengaku hanya menghasilkan uang Rp60 sampai Rp130 ribu dalam satu hari. Sementara, pengasilan terbanyak mereka Rp250 ribu sampai Rp450 ribu. 

“Itu (450 ribu penghasilan terbesar) pas saya nggak pulang 4 hari,” kata salah satu ondel-ondel.

Kedua ondel-ondel mengungkap, modal untuk membuat kesenian khas Betawi itu mencapai Rp2 juta sampai Rp2,5 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya