Padamkan Lautan Api di TPA Rawa Kucing, Petugas Damkar Pakai Alat Bantu Pernapasan

Pemadam Kebakaran (Damkar) di TPA Rawa Kucing Tangerang
Sumber :
  • Instagram: lensa_berita_jakarta

Tangerang – Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) bekerja keras memadamkan api di TPA Rawa Kucing, Kota Tangerang sejak pertama kali api menyala Jumat, 20 Oktober 2023 sekitar pukul 14.30 WIB.

Chery Malaysia Recall 600 Unit Omoda 5 Buntut Viralnya As Roda Belakang Patah

Dilihat melalui unggahan video akun Instagram @lensa_berita_jakarta, Kamis, 26 Oktober 2023, api yang membakar sampah menghasilkan asap begitu pekat di sekitar lokasi. Terlihat asap juga menyebabkan jarak pandang terbatas.

Kebakaran TPA Rawa Kucing, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang.

Photo :
  • VIVA/Sherly
Detik-detik Mobil Ngebut Tabrak Warung di Cempaka Putih, 7 Motor Rusak

Situasi ini sangat berdampak bagi pernapasan petugas Damkar. Asap dari sampah yang terbakar dapat melepaskan banyak polutan beracun, seperti karbon monoksida, formaldehida, arsenik, dioksin dan furan.

Oleh karenanya, untuk mencegah terjadinya risiko tersebut, para petugas Damkar terlihat dibekali alat bantu pernapasan compressed oxygen. Mereka secara bergantian memakai alat tersebut setelah selesai memadamkan api.

Viral! Imam Masjidil Haram Syekh Sudais Cari Indomie di Stand Kuliner Mahasiswa Indonesia

“Petugas Damkar yg beristirahat sambil memakai alat bantu pernafasan setelah berjuang memadamkan kebakaran,” tulis keterangan unggahan.

Kepala Pelaksanaan BPBD Kota Tangerang, Maryono Hasan mengatakan petugas yang terkena dampak dari asap tersebut akan diberi waktu 15 menit untuk menggunakan alat bantu pernapasan secara bergantian.

“Supaya tidak terlalu membahayakan diri mereka,” ujarnya kepada wartawan, Kamis 26 Oktober 2023.

Sontak aksi para Damkar ini mendapat dukungan dan semangat dari warganet di media sosial. Pada kolom komentar tidak sedikit yang mendoakan mereka agar tetap diberi kesehatan dalam tugas memadamkan api.

Kebakaran TPA Rawa Kucing, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang.

Photo :
  • VIVA/Sherly

“Respect dan terima kasih buat petugas Damkar.. semoga selalu diberi kesehatan dan kekuatan badan, dilindungi dr bahaya pekerjaan.. Semoga mendapatkan pahala berlimpah dari Tuhan,” komentar salah seorang warganet.

“Luar biasa perjuangan teman2 petugas damkar. Kerja kalian adalah ibadah,” tulis warganet.

“Ya ampun kasian para petugas damkarnya.. Semoga bapak2 petugas damkar nie sehat selalu,” timpal warganet lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya