Viral Monyet Lakukan Negosiasi dengan Manusia Setelah Mencuri Barang Ini

Monyet Lakukan Negosiasi dengan Manusia
Sumber :
  • Istimewa

Bali – Belum lama ini sosial media heboh dengan video yang memperlihatkan seekor monyet bernegosiasi dengan seorang wanita di Bali berhasil menyita perhatian publik.

Penampakan 2 Bayi Harimau Sumatera yang Lahir di Kebun Binatang Amiens Metropole Prancis

Dalam rekaman tersebut terlihat seorang wanita menyerahkan makanan sebagai ganti iPhone yang dicuri. Rekaman yang diambil pada awal Oktober tersebut beredar luas di media sosial, dengan lebih dari 25,3 juta tayangan di X dan lebih dari 344.000 suka di Instagram.

Monyet Lakukan Negosiasi dengan Manusia

Photo :
  • Istimewa
Sambut World Water Forum, Ditjen Imigrasi Permudah Visa hingga Siapkan Jalur Khusus

Awalnya, wanita itu menawarkan satu buah apel, namun monyet tersebut tampak tidak tertarik dengan tawarannya, sehingga dia mengambil buah lain dari tasnya. Akhirnya, monyet itu setuju dengan tawaran kedua dan memberikan ponsel kembali kepada wanita tersebut.

Dilansir dari Next Shark, Senin, 20 Oktober 2023, adegan ini dianggap lucu oleh sebagaian warganet. Seorang pengguna X berkomentar bahwa kesepakatan yang dibuat monyet cukup fair.

Warung Madura di Denpasar Buka 24 Jam, Jayanegara: Jaga Ketertiban Jika Sepi Istirahat

Sebuah studi yang diterbitkan pada 11 Januari 2021 menemukan bahwa monyet ekor panjang yang tinggal di Uluwatu Bali telah menemukan cara untuk mendapatkan lebih banyak makanan dari para wisatawan dengan mencuri barang berharga mereka, seperti ponsel pintar dan kacamata.

Mereka telah mempelajari perilaku mencuri dan bernegosiasi ini dari monyet-monyet yang lebih tua ketika mereka masih muda hingga usia 4 tahun.

Dr. Jean-Baptiste Leca, seorang profesor asosiasi di departemen psikologi di Universitas Lethbridge di Kanada dan penulis utama studi tersebut, mencatat hal ini merupakan ekspresi dari kecerdasan budaya hewan tersebut. 

Monyet Lakukan Negosiasi dengan Manusia

Photo :
  • Istimewa

Monyet-monyet tersebut belajar perilaku tersebut secara sosial dan telah mempertahankannya selama setidaknya 30 tahun dalam populasinya.

Selama studi tersebut, yang melibatkan pengambilan gambar interaksi antara monyet dan wisatawan selama 273 hari, Leca dan para peneliti lainnya mengetahui bahwa hewan-hewan tersebut kadang-kadang menuntut kesepakatan yang lebih baik, seperti mendapatkan lebih banyak makanan, sebagai imbalan atas barang yang dicuri dengan nilai yang lebih tinggi.

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya