Viral Modus Penipuan Rem Berasap di Puncak Bogor, Sudah Telan Banyak Korban

Modus Penipuan Rem Berasap di Puncak Bogor
Sumber :
  • Tiktok: @chilmoysee

Bogor – Seorang wanita menceritakan pengalamannya saat hampir jadi korban penipuan di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Cerita tersebut ramai jadi sorotan usai pertama kali dibagikan akun TikTok @chilmoysee pada Jumat, 27 Oktober 2023 lalu.

Ernando Ari Viral di Korea Selatan karena Joged Mengejek Lawan

“Hati-hati buat yang mau weekend daerah Puncak. Modus rem keluar asap ternyata banya yang kena,” tulis keterangan unggahan, dikutip Senin 30 Oktober 2023.

Ilustrasi macet di kawasan Puncak.

Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

Dalam video berdurasi 1 menit 34 detik itu, mulanya terlihat seorang laki-laki sedang membuka roda depan bagian kiri mobil Toyota Avanza berwarna putih.

Kemudian perekam video menceritakan kronologi saat dirinya hampir jadi korban penipuan. Menurutnya kejadian bermula saat mobil sedang melaju di wilayah Puncak, lalu ada sejumlah pengendara motor yang memberitahunya bahwa rem mobil mengeluarkan kepulan asap.

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

“Kita posisinya di Puncak Pas, katanya ban mobil kita keluar asap. Mereka kayak komplotan, ramai, ada yang di motor, ada yang ditepi jalan,” ujar perekam video.

Setelah itu, pengendara motor tersebut mengarahkannya untuk memeriksa kondisi mobil ke salah satu bengkel yang berada tidak jauh dari lokasi. Namun, setibanya di bengkel wanita itu merasa ada yang janggal.

Wanita itu curiga pasalnya petugas bengkel atau montir yang menangani mobilnya seakan sudah mengetahui apa yang terjadi dan langsung melakukan tindakan tanpa bertanya lebih dahulu.

“Aku sama suami udah curiga karena pas kita diarahkan ke bengkel, tukang bengkelnya kayak langsung tahu (kerusakan mobil). Pas mobil disuruh parkir, langsung mereka buka-buka roda, nggak tanya apa-apa, langsung fokus ke ban depan,” ungkapnya

Jalur puncak macet dari arah Jakarta menuju Puncak Bogor

Photo :
  • Muhammad AR/Bogor

Dalam video lainnya, wanita itu mengatakan setelah roda mobil dibuka, petugas bengkel mengatakan ada kerusakan di bagian kampas rem sehingga perlu diganti. Mereka menawarkan harga Rp 450 ribu untuk menggantinya.

Namun, karena sudah menaruh curiga dari awal dengan petugas bengkel, wanita itu tidak menggantinya dan meminta roda kendaraannya kembali dipasang. 

Pemilik akun menyampaikan bahwa modus penipuan ini sudah menelan banyak korban lain sebelumnya. Dia kemudian meminta pengguna jalan yang melintas di kawasan Puncak agar berhati-hati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya