Heboh Kuburan Dukun Sakti Dibongkar, Posisi Mayat dan Isinya Mengerikan

Makam Dukun Sakti Dibongkar
Sumber :
  • Peru Ministry of Culture

VIVA Trending – Sebuah makam dukun sakti dibongkar. Dukun ini diyakini dapat mengendalikan hewan-hewan buas seperti ular, jaguar, dan pemangsa lain.

Menakjubkan, Ini 7 Keajaiban Dunia Baru yang Harus Kamu Tahu

Dilansir dari IFL Science, Kamis, 2 November 2023, kuburan kuno ukun sakti ini terletak di wilayah Chota, Cajamarca, Peru. Kuburan tersebut diyakini merupakan makam dukun sakti yang hidup 3.000 tahun lalu.

Makam Dukun Sakti Dibongkar

Photo :
  • Peru Ministry of Culture
Presidennya Kena Kasus Korupsi, Menteri di Negara Ini Ramai-ramai Mengundurkan Diri Dari Jabatan

Penemuan kuburan itu bikin penasaran karena sang dukun dikuburkan dengan posisi seram. Kuburan dibuat sedalam satu meter dengan lebar tiga meter. Yang bikin heran, jenazah dukun tersebut terkubur dengan posisi telungkup. Selain itu kaki dan tangan dibuat dengan kondisi bersilang.

"Selama 43 tahun meneliti kuburan kuno di Peru, baru kali pertama saya melihat posisi jenazah seperti itu," ujar Yuji Seki, arkeolog dari National Museum of Ethnology, Jepang.

Hanya Gegara Jam Rolex, Polisi Grebek Rumah Presiden Peru

Anehnya, dukun tersebut dimakamkan di bawah enam lapisan tanah hitam yang sudah bercampur abu. Di sekitar kerangka tersisa tubuhnya dikelilingi berbagai sesaji penguburan, termasuk mangkuk keramik dan segel berdesain rumit. 

Tengkorak dukun itu ditemukan bersama beberapa benda, termasuk segel khusus yang mungkin digunakan dalam upacara ritual. Selain keberadaan benda-benda aneh sepeti itu, wajah dukun juga ditutupi cinnabar merah.

“Cinnabar diyakini berasal dari dataran tinggi Andes tengah, dan kami yakin hanya kaum elit yang dapat memperoleh atau menggunakannya melalui perdagangan jarak jauh,” kata Yuji.

Dia menganalisa, tengkorak dukun yang mereka temukan memiliki kemampuan yang sangat menarik. Dukun itu diyakini mampu mengendalikan hewan-hewan berbahaya seperti jaguar, ular, dan burung pemangsa.

"Seperti halnya tokoh spiritual sejenis lainnya, kemungkinan besar orang-orang berdatangan kepadanya untuk meminta nasihat dan penyembuhan," ujar Yuji Seki. 

Makam Dukun Sakti Dibongkar

Photo :
  • Peru Ministry of Culture

Sementara IFL Science menyebutkan penemuan itu sangat penting buat proyek arkeologi Pacopampa. Menurut para peneliti, situs tersebut adalah pusat ziarah yang dikunjungi orang Peru untuk tujuan suci. 

Saat ini terdapat rencana membuka pusat penelitian formal di lokasi tersebut yang akan memungkinkan para peneliti melakukan analisa lebih lanjut. Di sisi lain, tempat itu juga berpeluang dijadikan tempat wisata arkeologi.

Dilansir dari sumber yang sama, penemuan makam dukun itu sangat penting bagi proyek arkeologi Pacampama. Menurut para peneliti dan ilmuwan, situs tersebut adalah pusat ziarah yang dikunjungi orang Peru untuk tujuan suci pada dahulu kala. 

Saat ini terdapat rencana membuka pusat penelitian formal di lokasi tersebut yang akan memungkinkan para peneliti melakukan analisa lebih lanjut.

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya