Ada Festival Bongsang di Pasar Minggu, Jalan Ragunan Ditutup Sementara

Ilustrasi kesenian Betawi, Ondel-ondel.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Festival Bongsang kembali digelar di wilayah Pasar Minggu, Jakarta Selatan, mulai hari ini 4 hingga 5 November 2023. Festival yang menyajikan seni budaya betawi serta sejumlah hiburan rakyat ini hadir kembali usai absen 3 tahun lamanya akibat masa Pandemi COVID-19.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Ketua pelaksana Festival Bongsang, H. Minan Efendi S.H, akhirnya dapat memenuhi penantian panjang warga DKI Jakarta, khususnya warga Betawi, untuk menghadiri penyelenggaraan festival tahunan yang terakhir diadakan pada tahun 2019.

"Festival Bongsang ini memang bagian daripada hajat tahunan kami dengan menampilkan budaya Betawi yang diadakan di Pasar Minggu. Di mana isi kegiatan dari Festival ini adalah Penampilan  Seni Budaya Betawi, seperti seni tari, musik, silat, dan lainnya," ujar Minan.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

Selain penampilan sejumlah pentas seni dan budaya, Festival Bongsang ini juga diramaikan dengan adanya stand Bazar UMKM, Lomba Qosidah, Lomba Mewarnai, Senam Sehat, Jalan Santai, dan lain lain.

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

"Dalam menggelar Festival Bongsang ini, tentu kami juga bekerja sama dengan beberapa pihak terkait, Pemerintah Kota Jakarta Selatan, Kecamatan Ps. Minggu, Polsek dan Koramil, mengingat terdapat ruas jalan yang harus dilakukan penutupan sementara," ujarnya.

Di samping itu, Minan juga menambahkan, dukungan yang banyak dari sejumlah Organisasi Masyarakat (Ormas), di antaranya, DPD Bamus Suku Betawi 1982 Jaksel, PP,  FBR, Forkabi. Ditambah pihak warga di RT, RW, LMK, PKK, Karang Taruna, FKDM, PKK, FKPM, dan Mitra Jaya, di lokasi festival yang ikut serta mendukung dan menjaga kelancaran Festival Bongsang ini.

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya