Viral Tanjakan Spongebob di Lembang Bikin Nyali Ciut, Jalannya Harus Hati-hati

VIVA Otomotif: Ilustrasi tanjakan
Sumber :
  • ADM

Lembang – Sebuah video yang tanjakan nun ekstrem di Lembang beberapa waktu belakangan ini tengah viral di media sosial, khususnya TikTok. Penampakannya yang mengerikan tak sedikit membuat para pengendara motor maupun mobil dibuat ketar-ketir untuk melintasinya. 

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Diketahui melalui unggahan video yang dibagikan akun TikTok milik @seputartanjakanspongebob pada Senin,6 November 2023 memperlihatkan sebuah tanjakan menjulang tinggi yang lokasinya diketahui berada di Jalan Bukanagara, Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Gegara memiliki tingkat curam yang tak biasa, sontak membuat tanjakan tersebut menjadi perbincangan warganet hingga kerap muncul di beranda FYP TikTok.  Diberinama tanjakan Spongebob, lantaran jalannya sangat mirip dengan salah satu scene yang terdapat pada serial kartun Spongebob Squarepants. 

MPMInsurance Ungkap Perlindungan Asuransi Kecelakaan yang Banyak Orang Belum Tahu

Bagi Anda yang ingin melintasi tanjakan ini wajib berhati-hati dan tidak panik. Mengingat, hanya orang-orang yang sudah ahli dalam berkendara yang bisa melintasi tanjakan tersebut dengan aman dan selamat. 

Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

Dalam video yang beredar tersebut, curamnya tanjakan itu mampu membuat para pengendara terperosok saat melintasinya.  Perlu diketahui, tanjakan yang diberinama tanjakan Spongebob ini merupakan penyambung di antara dua kampung yang ada di Lembang yakni Kampung Bukanagara dan Kampung Sukamukti.

Tentang Tanjakan Spongebob 

Tanjakan yang memiliki tingkat curam yang sangat tinggi ini ternyata hanya memiliki luas 3 meter. Dikenal dengan tanjakan Spongebob, tanjakan ini dikenal sebagai Tanjakan Bukanagara. Di mana tanjakan tersebut lebih mengacu kepada lokasi keberadaannya yang terdapat di Kampung Bukanagara.

Perlu diketahui, sebelum viral di media sosial tanjakan curam ini merupakan jalan setapak yang sering dilalui menuju tempat pemakaman. Lebih lanjut, tanjakan ini hanya memiliki lebar 2 meter saja. 

Meskipun kerap membuat para pengendara ketar-ketir. tanjakan  ini sering dijadikan jalan alternatif untuk menghindari kemacetan.   

Trik Melintasi Tanjakan Spongebob

Meski sangat curam dan kerap membuat ciut nyali, bukan berarti tanjakan satu ini sulit untuk ditaklukkan. Ada beberapa trik yang perlu dilakukan para pengendara jika ingin melintasi tanjakan Spongebob  tersebut. 

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengambil ancang-ancang agak jauh ketika menghadapi tanjakan curam. Kemudian, saat ingin maju, posisikan kaki kiri di pedal kopling dengan menginjaknya penuh, lalu geser tuas transmisi ke gigi satu.

Lebih lanjut pengendara diminta ujntuk  posisikan kaki kanan siap-siap pada pedal gas, sementara tangan kiri bersiap melepas rem tangan.Tentunya untuk melintasi tajakan ekstrem ini dibutuhkan latihan sampai akhirnya menemukan sinkronasi yang pas.

Tidak hanya itu, kini saat ingin melintasi tanjakan esktrem ini Anda akan dibantu warga sekitar untuk mendorong, mengganjal, atau sebagai sopir pengganti bagi pengendara yang takut atau ragu untuk melintasi tanjakan tersebut.

Reaksi Warganet

Sontak saja viralnya tanjakan Spongebob yang beredar luas di media sosial  ini pun langsung menuai banyak reaksi warganet.

“Saya kira ada gempa atau gunung meletus gtu makanya lari dan balik arah .. dan ternyata aku nggak paham itu kenapa
tanjakan spongebob terbaru lembang," kata lainnya. 

“Besok2 klo upload tolong dikasih penjelasan nya yak . akuh ga bisa lanjut scroll nih kepikiran ini pada kenapa," kata lainnya.

“Salfok sama botol minum si ibu yg jatuh corkcicle ukuran 32oz harganya sejuta njir," tulis warganet.

“Sllu bnyak cerita di tanjakan Spongebob ituh," kata pengguna media sosial lainnya.

“Waktu itu bawa avanza full 7 orang, pake maps, pas liat didepannya tanjakan spongebob, putbal cari aman..." tulis warganet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya