5 Negara Putus Hubungan dengan Israel, Ada Negara NATO

VIVA Militer: Bendera Israel
Sumber :
  • Moderate Rebels

VIVA Trending – Tragedi kemanusiaan yang terjadi di jalur Gaza membuat banyak negara memikirkan ulang mengenai hubungan diplomatiknya dengan Israel. Penolakan gencatan senjata yang dilakukan pimpinan Israel dan terus-menerusnya serangan ke Gaza membuat sejumlah negara memutus hubungan diplomatik dengan Israel dengan dasar kejadian tersebut.

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Operasi militer Israel di Gaza sendiri diketahui telah menimbulkan korban jiwa yang cukup besar. Korban tidak hanya datang dari pihak militer, namun masyarakat sipil bahkan wanita dan anak-anak. Tidak sedikit negara yang mengutuk keras hal ini dan menunjukkan sikapnya dengan langkah legal. Daftarnya sebagai berikut:

1. Bolivia

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Bendera Bolivia

Photo :
  • Wikipedia

Bolivia merupakan sebuah negara terkurung daratan di Amerika Selatan. Baru-baru ini, mereka memutuskan sebuah sikap tegas terkait konflik Israel-Palestina.

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Dilansir Al Jazeera, Rabu, 8 November 2023, Bolivia memutus hubungan diplomatik yang dimiliki dengan Israel. Hal ini dilakukan atas dasar kecaman terhadap serangan brutal militer Israel ke Jalur Gaza. Maria Nela Prada selaku Menteri Kepresidenan juga menyebut bahwa pihaknya juga bakal mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Lebih jauh, Bolivia menuntut agar Israel segera menghentikan serangan tak masuk akalnya itu ke warga Palestina. Menanggapi kabar pemutusan hubungan diplomatik ini, Israel menyebut bahwa Bolivia telah mendapat pengaruh buruk dari rezim Ayatollah di Iran.

Selain itu, Kementerian Luar Negeri Israel juga tak menganggap pemutusan hubungan ini sebagai masalah besar. Melihat ke belakang, Bolivia sebenarnya juga pernah melakukan hal serupa pada 2009. Namun, sekitar 2020 hubungannya pulih setelahnya terpilihnya penguasa baru.

2. Kolombia

La Candelaria, Kolombia.

Photo :
  • http://boombastis.com/

Tetangga Bolivia ini juga turut mengambil tindakan tegas terhadap Israel. Mereka memanggil pulang duta besarnya untuk Israel dengan alasan negara Yahudi itu telah melakukan pelanggaran hukum kemanusiaan internasional yang tidak bisa diterima.

Menurut laporan Anadolu Ajansi, Kolombia menarik duta besarnya dari Israel pada awal pekan lalu. Sebelumnya, Presiden Gustavo Petro juga memperingatkan bahwa negaranya bisa segera memutuskan hubungan diplomatik jika pasukan Israel tidak kunjung menahan serangannya.

Komentar tersebut juga menyulut kemarahan Israel. Duta besarnya pun sempat dipanggil (sebelum ditarik) atas dugaan pernyataan permusuhan dan anti-semit.

3. Chili

Dilansir dari The Guardian, Presiden Gabriel Boric mengumumkan pihaknya telah memanggil pulang duta besarnya di Israel sementara waktu. Tujuannya adalah membahas isu pelanggaran hukum kemanusiaan yang dilakukan Israel terhadap warga Palestina.

Lebih jauh, Boric juga menyerukan gencatan senjata segera demi menghindari bertambahnya korban jiwa.

4. Turki

VIVA Militer: Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan

Photo :
  • middleeastmonitor.com

Terlepas dari statusnya sebagai anggota NATO, Turki juga turut mengambil sikap tegas terhadap Israel. Mereka memanggil duta besarnya di Israel guna berkonsultasi terkait keadaan yang terjadi.

Menanggapi hal ini, juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel, Lior Haiat, mengatakan bahwa langkah tersebut bisa dikatakan sebagai bentuk keberpihakan Turki kepada Hamas.

5. Yordania

Awal November 2023 lalu, Yordania menarik duta besarnya dari Israel. Tak hanya itu, mereka pun meminta dubes Israel di negaranya untuk menjauh sebagai bentuk protes atas serangan brutal yang mereka lakukan terhadap Palestina.

Nah, Itulah nama-nama negara di dunia yang memutus hubungan diplomatik atau menarik duta besarnya dari Israel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya