Viral Mahasiswa Tewas Gegara Sindrom Nasi Goreng, Apa Itu?

Nasi Goreng Jawa
Sumber :
  • Bango.co.id

VIVA Trending – Belum lama ini media sosial ramai memperbincangkan sindrom nasi goreng. Hal tersebut muncul karena seorang mahasiswa pria meninggal dunia akibat sindrom tersebut.

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Dilansir dari New York Post, Rabu, 8 November 2023, Sindrom nasi goreng sendiri merupakan suatu masalah kesehatan yang timbul akibat seseorang mengonsumsi nasi goreng yang sudah dimasak, dan disimpan di suhu ruangan cukup lama. Sehingga dia mengalami keracunan dan akhirnya meninggal dunia.

Nasi Goreng Rempah KS

Photo :
  • Instagram @nasgor.rempah.ks
Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang

Dilansir dari laman yang sama, pria yang tidak diketahui identitasnya tersebut berasal dari Belgia, dan dokter yang merinci kasus itu mengatakan kalau dia kemungkinan meninggal akibat bakteri Bacillus cereus, yaitu bakteri berisiko muncul di dalam makanan.

Khususnya pada makanan yang sudah dimasak dan berada di suhu ruangan, sehingga pada 2008 dia meninggal dunia di usianya yang genap 20 tahun. Pada suatu hari Minggu, pria itu juga terlihat memasak pasta dengan meletakkannya di wadah plastik seperti kotak bekal.

Anggota Polresta Manado Ditemukan Tewas di Mampang Sedang Cuti

Dia berniat untuk menyimpannya beberapa hari ke depan, sehingga ketika ia ingin memakannya, dia hanya tinggal menambahkan beberapa saus dan memanaskannya kembali.

Namun, sayangnya setelah lima hari kemudian makanan tersebut dibiarkan di suhu ruangan, dan dia panaskan kembali, ketika hendak di makan dia merasa kalau makanan tersebut telah memiliki rasa yang berbeda.

Hanya saja dia mengira kalau itu semua berasal sari saus yang ia gunakan. Setelah habis makanan itu disantap, dia pun melanjutkan kegiatan lainnya berupa olahraga selama 30 menit, dan dari sanalah awal gejala dimulai.

Sesampainya di rumah pria itu mendadak merasa mual, sakit perut, dan sakit kepala, sehingga ketika pulang dia muntah-muntah selama beberapa jam dan merasakan kembali dua kali saat tengah malam namun disertai diare cair.

Resep nasi goreng seafood

Photo :
  • Cookpad/@nella1414

Pria itu tidak mengkonsumsi obat apapun, dia hanya meminum air putih dan mencoba menidurkannya dengan harapan keadaannya bisa lebih baik. Keesokan harinya sekitar pukul 11 pagi orangtuanya khawatir karena terlihat belum bangun, saat mereka mengecek ke dalam kamarnya ternyata justru menemukan pria itu sudah meninggal dunia.

Tim medis memeriksa kalau pria atau mahasiswa itu meninggal dunia setelah 10 jam mengkonsumsi spageti yang di makannya, dan hasil otopsi lima hari kemudian juga menemukan kalau pria itu mengalami nekrosis hati sentrililobular sedang, hal itu juga yabg mengakibatkan hatinya mati tidak bekerja.

Sedangkan pada saus dan sisa pasta yang ia makan dikirim ke Laboratorium Referensi Nasional untuk Wabah Food-borne sebagai evaluasi, dan menemukan bahwa sebagian besar bakteri yang ditemukan adalah Bacillus cereus, yang mana pada kasus ini bakteri kemungkinan hanya menimbulkan infeksi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya