Arrazy Hasyim Sebut Sesama Rakyat Palestina Sedang Terlibat Konflik Internal

Buya Arrazy
Sumber :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Jakarta – Arrazy Hasyim atau yang dikenal dengan nama Buya Arrazy mengatakan bahwa saat ini rakyat Palestina sedang terlibat konflik internal. Konflik tersebut melibatkan Hamas dan Fatah.

Fakta di Balik Kasus Viral Pernikahan Sesama Jenis di Cianjur yang Berakhir Damai

“Mereka, bangsa Palestina yang kita cintai itu, yang kita kasihan dengan mereka hari ini, kita cinta dengan mereka sampai mati, tapi mereka sendiri konflik, mereka nggak satu,” ungkapnya di YouTube Deddy Corbuzier, seperti dilihat Kamis, 9 November 2023.

Warga Palestina berdoa untuk puluhan keluarga mereka yang tewas akibat serangan Israel.

Photo :
  • AP Photo/Hatem Moussa
Israel Bom Rafah Setelah Hamas Setujui Proposal Gencatan Senjata Hasil Mediasi AS

Dalam konflik tersebut, Arrazy mengungkap sesama rakyat Palestina bahkan sampai saling membunuh karena perbedaan sudut pandang.

“Kalau kita buka beritanya, tahun 2007 mereka, mohon maaf, saling bunuh-bunuhan, mereka tidak sepakat dengan keputusan masing-masing,” kata dia.

Belanja Pakai Uang Palsu di Warung Madura, Pemuda Kota Tangerang Ditangkap Polisi

“Hamas memilih jalur militer, mereka tidak sepakat berdirinya negara Israel. Sedangkan Fatah memilih jalur diplomatik, mereka menawarkan hidup berdampingan dengan Israel, itu bedanya,” papar Arrazy.

Arrazy mengklaim dirinya tidak berpihak dengan Hamas maupun Fatah, namun ia menyayangkan mengapa Hamas tidak mensterilkan wilayah Gaza sebelum memulai peperangan dengan Israel.

Menurutnya, jika Hamas ingin berperang melawan militer Israel, ada baiknya mereka mensterilkan lebih dahulu wilayah Gaza, sehingga tidak banyak menelan korban dari kalangan sipil.

Serangan rudal Israel menghancurkan wilayah Jabaliya, Gaza, Palestina

Photo :
  • AP Photo/Abdul Qader Sabbah

"Idealnya kalau Hamas mau perang, sterilkan wilayah perangnya. Kenapa Hamas tidak sterilkan dulu saudara-dia orang-orang Palestina di Gaza?” imbuhnya.

Menurut Arrazy, apabila Hamas mau mensterilkan Gaza sebetulnya bukan hal yang sulit. Sebab, kata dia, wilayah Gaza tidak seluas yang dibayangkan.

“Gaza itu gak segede yang kita bayangkan, seperti kabupaten kali,” anggapnya.

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya