Viral Peta Kuno Tahun 1926 Mengungkap Tidak Ada Nama Israel

Peta Kuno Tahun 1926
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA Trending – Beredar di media sebuah viral yang memperlihatkan atlas atau peta kuno terbitan tahun 1926. Pada atlas kuno itu menunjukkan bukti negara Palestina memang telah ada sejak dulu. Bahkan, nama Israel tidak tertulis dalam buku atlas yang berusia nyaris seabad itu.

AS dan Israel Kembali Berdiskusi Tentang Evakuasi di Gaza Selatan

Awalnya, buku atlas dunia terbitan tahun 1926 itu ditemukan di sebuah toko antik. Dalam video berdurasi 59 detik yang diunggah akun Instagram @kerabatmuslim77 yang menunjukkan bahwa di masa itu, wilayah antara Laut Mediterania dan Sungai Jordan tercatat sebagai wilayah Palestina, bukan Israel.

Peta Kuno Tahun 1926

Photo :
  • Tangkapan Layar
Di Forum Parlemen MIKTA, Puan Ingatkan Krisis di Gaza Berdampak pada Stabilitas Global

Palestina lebih dulu ada di buku atlas dunia tahun 1926 Seorang Pria membeli Buku Atlas dan ia melihat Peta dunia versi lama terbitan tahun 1926, lalu ia membuka halaman terkhusus bagian Palestina, dalam buku tersebut tertulis sangat jelas Bahwa Palestina justru lebih dulu tercatat dalam Peta Dunia, lalu mengapa sekarang nama Palestina dihapus dari seluruh Peta di buku atlas maupun googlemaps?” tulis keterangan akun pengunggah.

Sebelumnya, pemberian label Palestina pada peta dunia sudah bertahun-tahun menuai perselisihan, di mana banyak pihak barat mengklaim wilayah pendudukan itu sebagai Israel.

Ratusan Civitas Academica Universitas Muhammadiyah Cirebon Gelar Aksi Kutuk Israel

Pembentukan negara Israel sendiri berawal dari keputusan tokoh-tokoh Yahudi yang dipimpin oleh Ben Gurion untuk mendirikan negaranya sendiri pada 14 Mei 1948.

Padahal, berdasarkan perjanjian Liga Bangsa-Bangsa pada 1926, wilayah tersebut masih menjadi bagian dari mandat Britania atas Palestina, yang dimulai setelah Perang Dunia I. Sementara Israel diakui sebagai negara pada tahun 1948.

Ironisnya, Google Maps justru menghilangkan label Palestina pada petanya. Yang ada justru hanya label Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Meski demikian, setidaknya penemuan peta dunia atlas terbitan tahun 1926 itu menjadi bukti sahih bahwa Palestina telah sejak dulu ada dan selamanya akan tetap menjadi tanah airnya sendiri.

Video ini kemudian memantik beragam komentar dari para netizen. Mereka kebanyakan menuding Israel sebagai the real penjajah yang harus diusir dari bumi Palestina karena sudah mencaplok wilayah dan membuat kerusakan selama puluhan tahun di negara itu.

satu satunya bangs*t yg tidak tau malu dan tidak tahu terima kasih ya zionis isrel” tulis netizen dalam kolom komentar.

Patokan zionis Laknatullah itu janji Tuhan di perjanjian Lama.. tp sdh dibatalkan krn mereka membangkang kpd Musa,” ungkap netizen kesal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya