Geger, Banyak Warga Rela Diinjak Sapi Sebelum Lakukan Ritual Ini

Banyak Warga Rela Diinjak Sapi Sebelum Lakukan Ritual Ini
Sumber :
  • Oddity Central

India – Belum lama ini menjdi sorotan salah satu desa di India yang melakukan serangkaian ritual aneh menjelang diwali. Tradisi ini disebut penginjakan sapi, yang melibatkan para pria desa yang dengan rela berbaring di tanah, kemudian membiarkan diri mereka diinjak-injak oleh puluhan ternak khususnya sapi, sebagai bagian dari upacara agama.

Hadiri Pesta Adat Lom Plai, Pj Gubernur Kaltim: Seni Budaya Ini Harus Dilestarikan

Dilansir dari Oddity Central, Rabu 22 November 2023, Para pria desa ini percaya, bahwa dengan membiarkan sapi berjalan di atas tubuh mereka, maka akan mendapatkan kebahagiaan.

Banyak Warga Rela Diinjak Sapi Sebelum Lakukan Ritual Ini

Photo :
  • Oddity Central
Menteri Basuki: ASN Pindah ke IKN Usai Upacara 17 Agustus

Serta semua keinginan mereka akan menjadi kenyataan. Sebelum ritual ini dilaksanakan, masyarakat Bhidavad menjalani serangkaian persiapan salah satunya berpuasa dan menginap di kuil.

Sebagai bagian dari perayaan pasca-Diwali di desa Bhidavad, Madhya Pradesh di India, terdapat sebuah tradisi yang unik dan menarik yang dilakukan oleh para pria pemberani. Mereka dengan rela berbaring di tanah, membiarkan diri mereka diinjak-injak oleh puluhan ternak, sebagai bagian dari upacara agama.

Jelang Idul Fitri, Pemkab Purwakarta Siapkan Vaksin untuk Atasi Wabah PMK

Menurut keyakinan mereka, sapi dianggap sebagai tempat tinggal bagi 33 crore (330 juta) dewa dan dewi, dan dengan membiarkan sapi berjalan di atas tubuh mereka, mereka meyakini bahwa mereka menerima berkah dari para dewa.

Sehingga saat diinjak puluhan ternak, masyarakat memiliki harapan, bahwa tindakan ini akan membawa kebahagiaan dan memenuhi segala keinginan mereka.

Sebelum ritual ini dilakukan, masyarakat Bhidavad menjalani serangkaian persiapan. Mereka akan berpuasa selama lima hari dan menginap di kuil setempat, sebelum memasuki perayaan Diwali.

Pada pagi hari, mereka menyembah sapi sebelum memberikan diri mereka diinjak-injak. Ketika ternak dilepaskan untuk berjalan di antara umat, penduduk desa bersama-sama melantunkan doa dan menyanyikan lagu pujian.

Tidak hanya menjadi kegiatan ritual, namun penginjakan sapi Diwali telah menjadi suatu tradisi yang sangat populer di Bhidavad. Setiap tahun, masyarakat dari desa tetangga datang untuk menyaksikan sendiri upacara ini.

Banyak Warga Rela Diinjak Sapi Sebelum Lakukan Ritual Ini

Photo :
  • Oddity Central

Menariknya, meskipun kelihatannya aneh dan penuh risiko, tidak pernah terdengar laporan mengenai cedera selama pelaksanaan tradisi ini. Bahkan, warga setempat menyatakan bahwa tidak ada yang terluka, dan keinginan mereka terpenuhi.

Dengan demikian, penginjakan sapi Diwali di Bhidavad bukan hanya menjadi ritual agama yang unik, tetapi juga sebuah peristiwa budaya yang menarik, bagi masyarakat setempat dan para pengunjung dari desa sekitarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya