Viral Warga Wonogiri Olah Laron Jadi Peyek, Ini Penjelasan Ahli Gizi

Viral Warga Wonogiri Olah Laron Jadi Peyek
Sumber :
  • Instagram: @wonogirikita

Wonogiri – Seorang warganet asal Wonogiri, Jawa Tengah membagikan video sedang mengolah hewan laron menjadi camilan peyek atau rempeyek.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Video tersebut sontak viral di media sosial setelah diunggah akun Instagram @wonogirikita pada Minggu, 3 Desember 2023 lalu.

“Berkah udan.. sesuk gawe peyek laron lur (Berkah hujan.. besok buat peyek laron lur),” tulis keterangan unggahan dikutip Jumat, 8 Desember 2023.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Resep Pembuatan Rempeyek atau Peyek

Photo :
  • Cookpad

Dalam video ini terlihat kumpulan laron sedang mengitari cahaya lampu, sementara terdapat seorang pria paruh baya asyik mengais laron menggunakan tangannya lalu ditaruh di tampah.

Ernando Ari Viral di Korea Selatan karena Joged Mengejek Lawan

Seperti layaknya orang mengayak beras untuk memisahkan gabah dan batu, hal yang sama dilakukan pria paruh baya itu untuk memisahkan tubuh laron dengan sayapnya.

Sementara dalam unggahan lain, pemilik akun menampilkan potret sekumpulan laron yang sudah disulap menjadi peyek. “Peyek Laron mas mbak, Niki laron e full akeh banget,” tulis pengunggah

Lantas, bagaimana pendapat ahli gizi terkait laron dijadikan peyek?

Saat dikonfirmasi, ahli gizi IPB Anna Vipta Resti Mauludyani mengatakan bahwa laron merupakan hewan yang dapat dikonsumsi. Bahkan, bukan cuma peyek, dia menyebut hewan ini bisa diolah jadi berbagai macam olahan makanan.

“Sebenarnya laron dibuat berbagai macam olahan, tidak hanya peyek, bisa juga dijadikan oseng, botok dan sate,” ujar Anna kepada wartawan, Jumat, 8 Desember 2023.

Viral Warga Wonogiri Olah Laron Jadi Peyek

Photo :
  • Instagram: @wonogirikita

Hal senada juga disampaikan ahli gizi IPB lainnya, Ali Khomsan. menurut dia laron adalah hewan kaya nutrisi yang dapat dijadikan alternatif sumber protein hewani karena mengandung protein tinggi.

“Dahulu pada tahun 1970-an laron digoreng menjadi camilan karena emang kita masih sulit mencari pangan bergizi,” paparnya.

Sehingga, konsumsi laron saat ini merupakan pemanfaatan sumber pangan bergizi yang sudah mulai terlupakan. “Lemak 44 persen dan protein 36 persen ini gizi yang luar biasa dari laron,” pungkasnya.

Meski memiliki protein tinggi, bagi sebagian orang, laron bisa menyebabkan timbulnya alergi.

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya