Viral Rumah Penampungan Pengungsi Rohingya di Sidoarjo Dirusak Orang Tak Dikenal

Rumah Susun di Sidoarjo Dirusak Pengungsi Rohingya
Sumber :
  • Tangkapan Layar: TikTok

Sidoarjo – Persoalan pengungsi Rohingya di Indonesia belakangan ini menjadi sorotan di media sosial. Banyak dari masyarakat Indonesia yang menolak untuk menerima para pengungsi tersebut. Bukan tanpa alasan, warga sudah mengetahui sikap dari imigran gelap tersebut. 

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Sampai saat ini, imigran Rohingya yang ditampung di Indonesia sudah mencapai ribuan orang. Namun sayang, sikap yang mereka tunjukan selama di Indonesia membuat masyarakat geram. Mulai dari mengeluh soal bantuan makanan, uang, hingga tempat tinggal. Belakangan ini ada video viral orang tak dikenal merusak rumah penampungan rohingya di Sidoarjo.

Imigran Rohingya terdampak di Aceh

Photo :
  • Bakamla
Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Dalam salah satu tayangan video yang viral di TikTok, diduga warga merusak penampungan Rohingya. Mereka tampak memecahkan kaca setiap kamar di rusun dan juga memecahkan pot bunga di lantai 1. 

“Ini pengungsi lama-lama ngawur, kurang ajar ya, lihat (jendela kaca pecah) ancur ini. Ancur semua, pengungsi di Sidoarjo ngamuk, diancurin semua,” ungkap seorang pria dalam video yang diunggah akun TikTok @restoranpace dilansir pada Sabtu, 9 Desember 2023. 

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Bukan hanya itu saja, ratusan pengungsi yang ditampung di rusun tersebut tampak membuang sampah sembarangan. Akibatnya, sampah plastik berceceran di mana-mana. Padahal, mereka sudah mendapatkan fasilitas yang layak huni dan sejumlah uang bantuan. 

Rumah Susun di Sidoarjo Dirusak Pengungsi Rohingya

Photo :
  • Tangkapan Layar: TikTok

Dalam keterangan video dijelaskan bahwa alasan mereka merusak rumah susun tersebut lantaran listrik padam selama 24 jam karena ada kebakaran gudang sebuah perusahaan di wilayah tersebut. Mereka padahal sudah diperlakukan sangat istimewa oleh pemerintah

“Rumah susun Taman Sidoarjo dirusak oleh pengungsi hanya karena listrik padam selama 24 jam. Padamnya listrik akibat kebakaran Gudang PT Lazada di wilayah yang sama di Sidoarjo Jumat, 8 Desember 2023 jam 01.25 WIB,” tulis keterangan video. 

“Mereka ini diperlakukan sangat istimewa melebihi pelayayan negara pada warga Sidoarjo yang masih banyak hidup miskin. Selain rusun gratis, mereka menerima fasilitas listrik dan air bersih gratis dan menerima uang bulanan Rp1,2 juta per kepala dari UNHCR,” jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya