Tugu Selamat Datang Depok dengan Anggaran Rp1,7 M Tuai Kritikan Netizen

Tugu Depok
Sumber :
  • Instagram.com

VIVA Trending – Baru-baru ini media sosial dikejutkan dengan video yang menampakkan sebuah bangunan tugu menjulang tinggi viral. Bagaimana tidak, proses pengerjaan tugu Selamat Datang kota Depok ini pun digadang-gadang menghabiskan biaya anggaran mencapai Rp1,7 miliar.  

Pohon Tumbang Sempat Tutup Jalan Margonda Akibat Hujan Deras

Tugu ucapan Selamat Datang kota Depok ini pun berhasil dibangun oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim).

Penampakan tugu yang menjulang tinggi ke atas dan terdapat 3 buah itu pun sukses mencuri perhatian warganet di media sosial. Hal tersebut tentu tak lepas dari anggara yang dihabiskan untuk menyelesaikan tugu berbentuk segitiga dengan 3 buah yang berjejer rapi di sampingnya.

Meet Margonda, a Depok Hero Who Died Young

Lokasi tugu tersebut berada di sisi Jalan Margonda menuju Lenteng Agung, Kelurahan Pondok Cina, Beji, Kota Depok, Jawa Barat. Mengutip laman resmi Pemkot Depok, proyek yang telah berlangsung sejak Agustus 2023 tersebut diharapkan bisa selesai dengan lancar pada akhir Desember 2023.

Mengenal Margonda, Pejuang Depok yang Gugur di Usia Muda

"Iya, kami sedang membangun Tugu Selamat Datang yang berlokasi di Kelurahan Pondok Cina (Pocin), Kecamatan Beji. Waktu pelaksanaan selama 120 hari kerja, terhitung sejak Agustus sampai Desember 2023," terang Kepala Disrumkim Kota Depok Dadan Rustandi dalam keterangan yang dilansir situs resmi Pemkot Depok, Sabtu 16 Desember 2023. 

Dadan Rustandi mengatakan, bahwa sejak pada akhir Oktober, pengerjaan tugu tersebut telah mencapai 70 persen dengan tahap pekerjaan berupa finishing struktur baja dan struktur beton bawah berupa pekerjaan kolom, balok, dan pelat lantai.

Tak sampai disitu saja menurut Dadan, dibangunnya tugus batas Margonda ini demi penataan wilayah pemkot Depok jadi lebih baik lagi.

"Tugu batas Margonda ini dibuat dalam rangka penataan wilayah Pemkot Depok terkait dengan batas-batas wilayah dan alasan penempatan tugu batas Margonda ini berdasarkan pertimbangan bahwa penempatan tersebut merupakan pintu gerbang masuk menuju Kota Depok," terangnya lagi.

Representasikan Visi Misi Kota Depok

Anggaran yang tinggi seperti konsep bangunannya yang menjulang tinggi ini ternyata memiliki makna filosofis yang bisa merepres Habiskan anggaran Rp1,7 milir Pemkot Depok tengah membangun tugu selamat datang di Jalan Margonda Raya, Beji.

Tugu tersebut yang berhail menelan biaya Rp1,7 miliar rupiah dan disebut-sebut memiliki makna filosofis yang merepresentasikan visi misi Kota Depok.

Reaksi Warganet

Sontak saja viralnya video yang memperlihatkan penampakan bentuk hasil dari pembangunan tugu Selamat Datang Depok ini pun sukses menuai sorotan dan kritik banyak warganet di media sosial.Diketahui unggahan video dari akun Instagram @lambe_turah dan akun TikTok @infodepok.

"50jt biaya pembangunan tugu, sisa ny masuk kantong," tulis warganet.

"Ya Rabb, mending duitnya di pake buat benerin lampu lalulintas di cinere nooh, yg perempatan gandul brigif cinere dan Kalijati," tulis lainnya.

 "1.7M udah dapet rumah dikawasan elite ini," timpal lain.

"Korupsi maning paling," tandas lain.

 "Harusnya tukangnya yg ngerjain gaji perharinya 10jt , bukan 150rb kan ?" seru lainnya.

“Sangat cocok sangat cocok, cocok untuk oee hantam," tulis warganet.

“Uang rakyat buat foya," kata lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya