Geger Meteorit Seharga Milyaran Jadi Pengganjal Pintu, Kok Bisa?

Meteorit
Sumber :
  • Trustees of the Natural History Museum

Jakarta – Sebelum adanya gembok dan kunci, cara praktis agar pintu tidak membuka dan menutup sendiri adalah dengan mengganjalnya. Ada fenomena unik batu yang biasa dipakai untuk ganjal pintu punya nilai fantastis. Bahkan bisa dipakai untuk membeli rumah lengkap dengan pintu dan gemboknya.

Mendag Zulhas Tegas Tolak Impor Bawang Merah di Tengah Lonjakan Harga

Dilansir dari Scienceallert, Rabu, 202 Desember 2023, seorang petani di Michigan, Amerika Serikat, dapat rezeki nomplok. Batu yang dipakai mengganjal pintu di rumahnya selama bertahun-tahun ternyata meteorit langka yang berharga.

Meteorit.

Photo :
  • Spacenews
Kementan Gencarkan Pompanisasi dan Olah Tanah serta Percepat Tanam Padi

Tak tanggung-tanggung batu seberat 10 kilogram itu terjual Rp1,1 miliar lebih. Batu meteorit tersebut baru diketahui sebagai benda angkasa setelah diuji keasliannya ke ahli geologi di Central Michigan University (CMU).

Awalnya David Mazurek, sang pemilik batu, meminta bantuan ke Mona Sirbescu, seorang ahli geologi di Central Michigan University (CMU) untuk menguji apakah batu yang ada di peternakannya selama puluhan tahun itu batu biasa atau bukan.

Panen Ganda Kelapa Sawit dan Padi, Untungkan Petani

Dia pun merespons dengan ekspresi datar permintaan tersebut karena bukan pertama kalinya. Mona sudah sering mendapat permintaan serupa dan hasilnya mengecewakan. " Selama 18 tahun, jawabannya pasti 'tidak’, bukan meteorit," katanya.

Namun, kali ini berbeda. Dia tercengang dan mendapati fakta bahwa batu milik Mazurek sangat berharga.

"Saya langsung tahu bahwa ini adalah sesuatu yang istimewa. Ini spesimen paling berharga yang pernah saya pegang dalam hidup saya, bernilai ekonomis dan ilmiah," kata Mona Sirbescu Obhek yang dijuluki meteorit Edmore ini adalah meteorit besi-nikel besar dengan kadar nikel yang cukup banyak, yaitu sekitar 12 persen.

Meteorit Mars yang ditemukan di Maroko

Photo :
  • Dailymail

Lantas bagaimana ceritanya meteorit Edmore bisa berada di tangan Mazurek? Menurut Sirbescu, ketika Mazurek membeli peternakan di Edmore, Michigan pada 1988, dia diantar berkeliling properti oleh pemilik sebelumnya. Saat itu dia melihat batu besar yang tampak aneh digunakan untuk menopang pintu di gudang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya