Viral Kisah Bayi Palestina Berumur 17 Hari yang Tewas Dibom Israel

Bayi Palestina Berumur 17 Hari Tewas Dibom Israel
Sumber :
  • Istimewa

Gaza – Belum lama ini viral kisah Putri Aisha, bayi palestina yang lahir di tengah konflik, di sebuah fasilitas kesehatan tanpa pasokan listrik di wilayah selatan Gaza, Palestina, yang terus menerus diserang oleh militer Israel. Orang tuanya memberinya nama al-Amira Aisha, yang berarti "Putri Aisha."

Hati-hati, Diare Terus-menerus pada Balita Bisa Sebabkan Stunting

Meskipun baru berusia tiga minggu, nyawanya berakhir akibat serangan udara yang menghancurkan tempat tinggal keluarganya pada hari Selasa, 19 Desember 2023.

Bayi Palestina Berumur 17 Hari Tewas Dibom Israel

Photo :
  • Istimewa
Kisah Sukses di Usia Emas, Mom Selly dan Perjalanan Kariernya di Industri Pertambangan

Dilansir dari The New Arab, Kamis, 21 Desember 2023, saat serangan terjadi, keluarga yang sedang tertidur tidak menyadari bahwa gedung apartemen mereka di Rafah sudah rata dengan tanah. Suzan Zoarab, nenek bayi tersebut yang selamat dari serangan tersebut, melaporkan peristiwa tragis tersebut.

Pejabat rumah sakit mengatakan 27 orang tewas, di antaranya al-Amira Aisha dan saudara laki-lakinya yang berusia 2 tahun, Ahmed.

Video Anak Kecil Mengendarai Sepeda Motor, Ada Risiko Hukumnya

“Baru berumur 2 minggu. Namanya bahkan belum terdaftar,” kata Suzan, yang suaranya bergetar ketika dia berbicara dari sisi ranjang rumah sakit putranya, yang juga terluka dalam pengeboman udara Israel.

Tragedi yang dialami keluarga ini terjadi ketika jumlah korban tewas warga Palestina akibat invasi brutal Israel di Gaza mendekati angka 20.000. Keluarga Zoarab termasuk di antara sedikit warga Palestina di Gaza yang tetap tinggal di rumah mereka sendiri.

Serangan gencar Israel, salah satu yang paling merusak di abad ke-21, telah membuat sekitar 1,9 juta orang mengungsi—lebih dari 80% populasi wilayah Gaza—membuat mereka mencari perlindungan di sekolah-sekolah PBB, rumah sakit, kamp tenda atau di jalan. Namun keluarga Zoarab tetap tinggal di gedung apartemen tiga lantai mereka.

Dua putra Suzan memiliki apartemen di lantai yang lebih tinggi, namun keluarga besarnya berkumpul di lantai dasar karena yakin akan lebih aman. Ketika serangan terjadi, setidaknya 13 anggota keluarga Zoarab tewas, termasuk seorang jurnalis, Adel, serta pengungsi yang berlindung di dekatnya.

“Kita menemukan seluruh rumah runtuh menimpa kami,” kata Suzan. Petugas penyelamat menarik mereka dan korban lainnya, hidup dan mati, dari reruntuhan.

Militer Israel berdalih pihaknya menyerang target Hamas di Gaza dan menyalahkan kelompok militan tersebut atas kematian massal warga sipil karena mereka beroperasi di daerah pemukiman. Namun militer Israel jarang menjelaskan target serangan tertentu.

Bayi Palestina Berumur 17 Hari Tewas Dibom Israel

Photo :
  • Istimewa

Putri Aisha baru berusia 17 hari. Dia dilahirkan pada 2 Desember di Rumah Sakit Bulan Sabit Merah Emirat di Rafah ketika listrik di fasilitas tersebut tidak ada, kata Suzan—kurang dari 48 jam setelah pengeboman di kota tersebut dan seluruh Gaza kembali terjadi setelah runtuhnya gencatan senjata antara Israel dan Hamas.

“Dia dilahirkan dalam situasi yang sangat sulit,” kata Suzan. Hingga Senin, 28 dari 36 rumah sakit di Jalur Gaza dilaporkan tidak berfungsi, kata PBB. Sementara delapan fasilitas kesehatan lainnya hanya beroperasi sebagian.

Di tengah kehancuran tersebut, sekitar 50.000 wanita Palestina sedang hamil, kata WHO. Orang tua Putri Aisha dan Ahmed selamat—ibu mereka, Malak, dengan luka bakar dan memar di wajahnya, ayah mereka, Mahmoud, dengan patah tulang panggul.

Saat Mahmoud terbaring di tempat tidurnya di Rumah Sakit Kuwati Rafah, Suzan membawakannya kedua anaknya untuk perpisahan terakhir sebelum mereka dimakamkan.

Mahmoud meringis kesakitan saat dia menarik dirinya untuk menggendong Ahmed, yang terbungkus kain kafan putih, sebelum terjatuh dan menangis. Istrinya menggendong Putri Aisha, yang juga dibungkus kain putih, ke arahnya.

Puluhan pelayat mengadakan doa pemakaman pada Selasa pagi di luar rumah sakit di Rafah, sebelum membawa Putri Aisha, Ahmed dan lainnya yang tewas untuk dimakamkan di pemakaman terdekat. “Saya tidak bisa melindungi cucu-cucu saya,” kata Suzan.

“Saya kehilangan mereka dalam sekejap mata.”

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya