Momen Anies dan UAS Bahas Sholat Mirip yang Disampaikan Zulhas

Anies Baswedan dan Ustaz Abdul Somad (UAS)
Sumber :
  • YouTube: Ustaz Abdul Somad Official

Riau – Calon Presiden (Capres) nomor urut 1, Anies Baswedan sempat bertemu Ustaz Abdul Somad (UAS) saat kampanye di Rumah Omak, Provinsi Riau, pada Rabu, 13 Desember 2023.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Dalam pertemuan itu, UAS secara tegas menunjukkan dukungannya untuk pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) di Pilpres 2024 mendatang.

Bacapres Anies Baswedan salat di Masjid Jami Tuo Palopo

Photo :
  • Istimewa
Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

Selain itu keduanya juga berbincang berbagai hal soal kesibukannya masing-masing hingga isu-isu yang beredar saat ini di masyarakat.

Salah satu yang menarik perhatian adalah ketika keduanya membahas soal perubahan sikap jemaah sholat yang ogah mengucap “Amin” setelah imam membaca surat Alfatihah.

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

“Sekarang di beberapa kantor itu, saat imam mengucap “Ghoiril magdubi alaihim waladdolin” sudah takut (jemaah) bilang ‘aamiin’,” ucap UAS dilihat melalui Youtube Ustaz Abdul Somad Official, Kamis, 21 Desember 2023.

Pernyataan UAS tersebut sontak membuat para hadirin termasuk Anies tertawa. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian menimpali.

“Saya juga baru sadar tadi pagi, ternyata acara debat (perdana 12 Desember 2023) tidak lagi berdoa, tapi mengheningkan cipta. Kenapa jadi tidak ada doa?” ucap Anies bertanya-tanya.

UAS kemudian membayangkan, apakah ke depan tasyahud (duduk tahiyat) juga akan diubah, tidak lagi menegakkan jari telunjuk. Dia kemudian mencontohkan.

Anies Baswedan bermalam di kediaman UAS di Kampar, Riau

Photo :
  • Dok Alnofiandri Dinar

“Jangan-jangan nanti tasyahud begini (mengepal semua tangan),” jelas UAS.

“Iya, masa tasyahud tangannya dua, tasyahud satu lah, mau gimana kita. Ampun,” timpal Anies disambut gelak tawa hadirin.

Zulhas lontarkan candaan serupa

Kini, candaan tersebut kembali jadi sorotan setelah Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) menyampaikannya dalam acara Rakernas Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) di Semarang, Jawa Tengah Selasa, 19 Desember 2023.


Source : Dok. Istimewa

Dalam video yang beredar Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu menyinggung soal jemaah sholat hening usai imam membaca Alfatihah. Adapun yang dimaksud Zulhas, seharusnya jemaah menyebut kata “Aamiin”.

“Kalo sholat Maghrib baca Al-Fatihah ‘Walad Dhollin’ ada yang diam sekarang Pak,” kata Zulhas.

Terkait lelucon tersebut, Zulhas pun menuai kritikan pedas di media sosial termasuk dari beberapa tokoh politik.

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya