Kisah Haru Pengrajin di Jepang Cari Kucing-kucingnya yang Hilang Pasca Gempa

Kisah Kohei Kirimoto mencari kucing-kucingnya pasca gempa di Jepang
Sumber :
  • TikTok @nihongovnjp

Jepang – Kisah mengharukan datang setelah gempa yang terjadi di Jepang pada Tahun Baru ini. Kohei Kirimoto, seorang pengrajin barang kerajinan lak atau lacquerware generasi kedelapan, harus kehilangan kucing-kucing kesayangannya usai gempa melanda. 

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Kirimoto tampak melangkah di antara reruntuhan bengkel berusia seratus tahunnya di kota pesisir Jepang, Wajima. Namun, yang menjadi perhatiannya hanyalah kucing-kucing kesayangannya yang hilang.

Kisah Kohei Kirimoto mencari kucing-kucingnya pasca gempa di Jepang

Photo :
  • TikTok @nihongovnjp
Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Bengkel yang terkenal di seluruh dunia karena lacquerware tradisionalnya kini hancur berantakan setelah gempa dan kebakaran yang menyertainya. Pria berusia 31 tahun ini tidak hanya memberi makan dan air untuk tiga kucing yang tinggal di rumah dan tempat kerjanya, tetapi juga untuk puluhan kucing di pasar pagi "Asaichi" Wajima.

Pasar Asaichi yang terkenal dengan deretan lapaknya yang berkelok-kelok, kini menjadi puing setelah kebakaran besar yang melibatkan sebagian besar pasar yang telah berusia 1.000 tahun. Wajima sendiri adalah salah satu kota yang paling terkena dampak ketika gempa bumi melanda Jepang pada Tahun Baru, menjadi gempa terkuat sejak bencana Fukushima tahun 2011 silam. 

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Kisah Kohei Kirimoto mencari kucing-kucingnya pasca gempa di Jepang

Photo :
  • TikTok @nihongovnjp

Kirimoto, seorang seniman dari keluarga Kirimoto yang sudah lebih dari 200 tahun menjadi bagian dari Wajima, sekarang harus merelakan bengkel warisan mereka. Meskipun dikenal di seluruh dunia untuk mangkuk dan perabot kayu "urushi" yang sangat dipoles, Kirimoto hanya memikirkan kehidupan, terutama kehidupan kucing-kucingnya.

"Saya tidak khawatir tentang alat dan seni," katanya yang dikutip dari South China Morning Post pada Selasa, 9 Januari 2024. 

"Saya bisa membuat karya-karya itu sebanyak yang saya inginkan. Saya hanya peduli tentang kehidupan, hanya tentang kehidupan kucing,” tambahnya. 

Sambil memberikan makanan untuk kucing-kucingnya yang diharapkan kembali, Kohei Kirimoto merenungkan kehancuran yang terjadi di sekelilingnya. Ia dan teman-teman serta kenalannya berhenti sejenak, menatap dengan kosong pemandangan pasca gempa tersebut. Hal itu mengingatkan mereka akan tugas pemulihan yang menanti setelah kejutan awal dari bencana ini.

"Saat ini, pikiran kami kosong," katanya. "Tetapi kita perlu membakar gambar ini dalam pikiran kita, merekamnya dengan gambar, dan kemudian akhirnya memulai proses pemulihan. Itulah yang bisa kita lakukan."

Krimoto sangat merasa kehilangan karena ia menganggap kucing-kucingnya sebagai sumber kebahagiaannya selama ini. Wajima baru-baru ini sedang pulih dari krisis Covid-19 yang membuat kota itu kekurangan wisatawan dan perdagangan. Wabah tersebut membawa beban pribadi juga, yang dikatakan Kirimoto, dapat diatasi dengan bantuan kucing-kucing itu.

"Saya bersyukur atas semua kebahagiaan yang mereka berikan," katanya, terisak. "Saya berterima kasih." Dengan hati yang penuh empati, Kirimoto tidak hanya mengharapkan pemulihan bengkel dan karyanya, tetapi juga pemulihan kehidupan sehari-hari yang hangat, termasuk kehidupan kucing-kucing yang sangat dia cintai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya