Heboh! IPhone Tercebur Sumur, Petugas Damkar Depok Evakuasi dengan Peralatan Seharga 200 Juta

Iphone tercebur sumur dievakuasi petugas damkar Depok
Sumber :
  • Galih Purnama

Depok – Viral di sosial media sebuah ponsel milik warga tercebur ke dalam sumur. Ponsel yang tercebur bukan ponsel biasa melainkan iPhone 14 Pro Max yang harganya belasan juta rupiah. Ponsel itu tercebur ketika pemiliknya sedang mandi dan meletakkannya di atas sumur.

Viral Aksi Konyol Bule di Bali Geber-geber Motor sampai Masuk ke Kolam, Netizen Ngamuk

Peristiwa yang membuat heboh itu terjadi di Kampung Kramat RT 03/ RW 11 Kelurahan Cimpaeun, Kecamatan Tapos, Depok. Untuk mengevakuasi ponsel tersebut ada sembilan petugas yang datang ke lokasi.

Ibu dari anak pemilik Iphone yang tercebur sumur di Cimpaeun,Tapos, Depok

Photo :
  • Galih Purnama
Chery Malaysia Recall 600 Unit Omoda 5 Buntut Viralnya As Roda Belakang Patah

Koni, ibu pemilik ponsel mengatakan, anaknya teriak minta tolong saat sedang mandi. Dia kaget karena menduga terjadi sesuatu terhadap anaknya. Setelah dihampiri, Koni baru tahu kalau ponsel anaknya tercebur ke sumur.

“HP-nya ditaruh dekat sumur. Ada yang telepon masuk dan getar, terus jatuh,” katanya, Jumat (12/1/2024).

Detik-detik Mobil Ngebut Tabrak Warung di Cempaka Putih, 7 Motor Rusak

Koni ikut panik ketika anaknya teriak saat ponselnya tercebur. Anaknya sempat meminta suaminya untuk masuk ke dalam sumur mengambil ponsel namun suaminya tidak berani. Kemudian suaminya ke UPT Damkar Tapos dan petugas datang ke rumahnya.

Karena keterbatasan alat akhirnya petugas UPT melapor ke Pos Merdeka. Sekitar 15 hingga 20 menit akhirnya ponsel dapat dievakuasi dan masih dalam kondisi hidup.

“Ada sembilan petugas yang datang. Bisa diambil 15 menit,” ujarnya.

Danru 8 UPT Tapos, Dindin Fitriana mengatakan, saat menerima laporan pihaknya tidak tahu kalau yang tercebur adalah iPhone 14 Pro Max. Setelah mendengar cerita korban, pihaknya langsung menghubungi Pos Merdeka karena keterbatasan alat.

“Kami menerima laporan dan awalnya sempat tidak percaya jenis ponsel apa yang jatuh. Kemudian setelah ditanya ternyata iPhone 14 promax,” katanya.

Iphone tercebur sumur dievakuasi petugas damkar Depok

Photo :
  • Galih Purnama

Tidak lama kemudian, petugas Pos Merdeka tiba di lokasi. Dengan sigap petugas langsung mengeluarkan peralatan dan masuk ke dalam sumur.

“Setelah kita tahu ternyata iPhone 14 promax kami kemudian berupaya mengevakuasi namun karena alatnya tidak memungkinkan jadi kami hubungi Pos Merdeka,” ujarnya.

Danru Penyelamatan DKPP Kota Depok, Merdi Setiawan mengatakan, untuk evakuasi ponsel iPhone 14 Pro Max pihaknya mengerahkan peralatan canggih. Alat tersebut senilai lebih dari Rp 200 juta.

“Untuk evakuasi iPhone, setidaknya peralatan yang dibawa mencapai Rp200 juta lebih,” katanya.

Peralatan yang digunakan antara lain oceanreef atau masker untuk bernapas di bawah air, connecting divers alat komunikasi di dalam air, kemudian tabung oksigen kapasitas 11 liter untuk penyelaman 1 jam 20 menit dan selang oksigen tekanan tinggi 30 meter. Selanjutnya, connecting divers seharga Rp50 jutaan sebanyak dua set untuk komunikasi dua arah. Kemudian juga tripot seharga Rp40 jutaan dan pulley system senilai Rp60 juta dan CMC buatan Amerika.

“Alat-alat ini baru dipakai di Pertamina dan PLN untuk perbaikan instalasi bawah laut,” ujarnya.

Sebelum masuk ke dalam sumur, dilakukan pengecekan menggunakan alat. Diketahui kedalaman sumur mencapai 17 meter, karena dari atas tanah hingga ke permukaan air sekitar 8 meter, sedangkan dari permukaan air 9 meter.

“Sumurnya kan sempat diubek-ubek yang punya, jadi keruh airnya dan jarak pandang hanya 2 jengkal, tim harus meraba mencari iPhone itu, tapi tidak lama sih, dari turun sampai naik lagi,” katanya.

Merdi mengakui sempat mengalami kesulitan. Karena petugas tidak dapat menggunakan alat bantu pernapasan di ruang terbatas akibat ruang gerak terbatas di dalam sumur. Sehingga pihaknya menggunakan alat yang dimodifikasi.

“Jadi dari permukaan sampai ke dasar sumur sudah bisa,” ujarnya.

Ketika di dalam sumur, petugas melihat ada cahaya ponsel dan langsung mengambilnya. Beruntung ponsel tersebut masih dalam kondisi hidup walaupun sudah terendam air cukup lama.

“Pas dipegang ada WA masuk kan ada cahaya, anggota saya yang turun itu Johan, dia kaget tidak menduga hal tersebut, tapi alhamdulillahnya dia sudah bisa meredam bahayanya, ternyata Iphone 14 itu bagus,” katanya.

Pihaknya sudah sering mengevakuasi benda yang tercebur ke dalam sumur. Bukan hanya ponsel belasan juta tetapi juga evakuasi lainnya seperti kucing.

“Apapun laporan harus kita respons, seperti HP kecebur sumur atau binatang peliharaan, kita harus datang ke lokasi, pas di lokasi pelapornya bilang Iphone 14 Pro Max kalau tidak salah ya,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya