Viral Tanah Kuburan Dijual di E-commerce Bikin Geger Warganet, Bisa Buat Pesugihan?

Tanah kuburan
Sumber :
  • Facebook/Jeteh

VIVA Trending – Baru-baru ini sebuah unggahan media sosial Facebook bikin geger warganet. Bagaimana tidak, sebuah unggahan salah seorang warganet menuai sorotan usai memberikan informasi tentang dijualnya tanah kuburan di platform e-commerce.

Krisis Gaza Makin Dalam Saat Kuburan Massal Ditemukan di Tengah Pembicaraan Gencatan Senjata Israel

Dilihat melalui sebuah tangkapan layar yang dibagikan akun Facebooh Jeteh ini memperlihatkan sederet foto tangkapan layar promosi jual beli tanah kuburan lengkap dengan nisannya yang dijajakan di salah satu e-commerce. 

Menurut keterangan unggahan tersebut, tanah kuburan dibanderol dengan harga senilai Rp50ribu hingga Rp13juta. Menurutnya, calon pembeli dengan harga tersebut akan mendapatkan tanah makam seberat 1.000 gram alias 1 kilogram.

Kirim Gambar Kuburan di Chat, Anak Anggi Pratama: Daddy, Mami di Sini

Dijual tanah kuburan

Photo :
  • Instagram.com

Dalam keterangan promosinya tersebut, si penjual juga lengkap menuliskan kapan pemilik makam itu meninggal dunia.

Ngaku Nyaman Dikubur di TPU, Faradina Mufti: Kayak Anak Kecil Main-main

"Dan banyak yang beli, lho...," tulis Jeteh dikutip VIVA pada Selasa 16 Januari 2024.

Lebih lanjut, dalam unggahannya itu si penjual juga lengkap menyertakan informasi bahwa tanah makam yang mereka jual jual itu masih dalam kondisi baru. Artinya, jasad yang dimakamkan di pusara itu baru saja meninggal dunia. 

Reaksi Warganet

Sontak saja unggahan Facebook milik Jeteh ini pun menuai banyak reaksi warganet di media sosial. Seperti ada salah seorang pengguna Facebook menjelaskan, bahwa biasanya orang yang sirik akan menggunakan tanah kuburan untuk sesuatu hal. Seperti salah satu contohnya untuk mengirim mantra jelek dari dukun atau paranormal kepada saingan usahanya.

“Fungsinya buat matiin rejekinya warung orang. Caranya taruh tanah makam di depan warungnya target sambil baca mantra dari dukun, nanti calon pelanggan warung tsb akan melihat warung itu tutup terus, jadi gak ada yg mau beli,” tulis Nur Ikhsan.

"Bukti klo warga indonesia sangat kreatif, apapun bs jd duit klo mau," kata lainnya.

"Padahal tinggal ngomong aaaa kasihan aaaa aja jadi duit. Pake susah susah nyolong tanah kuburan," kata lainnya," tulis pengguna lainnya.

Iinikah negara yg menurut survey banyak yg percaya Tuhan?" timpal lainnya.

"Sesusah itu ya cari uang?" ucap netizen.

"Stress amat," tulis lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya