Makam Tua di Komplek Gedung Telkom Kuningan Jaksel Jadi Sorotan Netizen

Makam tua Pangeran Kuningan di komplek gedung Telkom Kuningan.
Sumber :
  • TikTok | irfanhabibi13

VIVA – Seorang netizen merekam penampakan makam tua di Gedung Telkom, Kuningan Jakarta. Dan ternyata itu merupakan makam cucu dari salah satu ulama besar di pulau Jawa.

Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan, Sama-sama Bidik Sejarah Lolos Olimpiade

Dalam video berdurasi 24 detik tersebut, tampak sebuah makam yang terawat berada di sudut gedung dan terjepit gedung tinggi.

"Kalo gak kerja di TelkomGroup gak akan tau, ada makam ini," tulis akun TikTok, irfanhabibi13, Seperti dikuti VIVA, Kamis 18 Januari 2024.

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

Makam berada tepatnya di kompleks Gedung Telkom Landmark Tower dan terjepit gedung tinggi. "Beliau adalah cucu dari Sunan Gunung Jati," lanjut akun tersebut.

Sejak diunggah pada akhir 2023 lalu, video tersebut mendapat belasan ribu like dan ratusan komentar. Dan ternyata makam tersebut tidak asing bagi penduduk sekitar.

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

"dulu tiap tahun ziarah di situ, karna kita warga kuningan timur (sebelum digusur). itu lebih dikenal makam pangeran kuningan," tulis seorang netizen di kolom komentar.

Makam Pangeran Kuningan atau Adipati Jayakarta

Photo :
  • Irwandi Arsyad - VIVA.co.id

"waktu pembangunan gedung sempat mau dipindahkan tapi tidak bisa karna satu & lain hal," tambah yang lainnya. 

“Nama Kuningan (Jl Rasuna Said Jak-Sel) konon juga dari gelar beliau "Adipati Kuningan" Orang setempat bilangnya "Pangeran Kuning," timpal netizen lainnya.

Sosok Pangeran Kuningan 

Pada akhir 2016 silam, Nahrawi, keturunan langsung Adipati Jayakarta atau Pangeran Kuningan, menyampaikan kisah tentang leluhurnya itu kepada VIVA

Menurutnya, sampai kini, ada dua sejarah yang populer dan masih diperbincangkan. Pertama tentang asal Adipati Jayakarta yang merupakan kelahiran Desa Cangkuang, Cianjur, Jawa Barat. 

Dia diutus langsung ke Jakarta oleh Sunan Gunung Jati untuk membantu perjuangan melawan Portugis. 

Sunan Gunung Jati

Photo :
  • Tangkapan Layar

Kisah kedua, mengenai kelahiran Pangeran Kuningan di Kuningan, Jawa Barat. Dia adalah cucu dari Sunan Gunung Jati. "Yang satunya lagi itu yang banyak diketahui masyarakat, dia asalnya dari Kuningan, Jawa Barat, dan merupakan cucu dari Sunan Gunung Jati," ujar Awi saat ditemui VIVA.co.id. 

Pada masa kepemimpinan leluhurnya itu, wilayah Kuningan memang daerah yang besar sekali. Seperti derah aslinya di Kuningan, Jawa Barat. 

"Luas sekali. Kalo utara sampai Slipi, selatan Pasar Minggu, barat hingga Kebayoran, dan timur menjangkau Tebet. Ada di buku sejarah," ujar Awi. 

Ia berharap masyarakat mengetahui sejarah Adipati Jayakarta. Karena dia, pahlawan yang memiliki jasa yang mendirikan kawasan yang kini dikenal sebagai sentra bisnis Jakarta. 

Meski saat ini makam berada di dalam kompoleks Gedung Telkom Landmark Tower dan terjepit gedung tinggi, tapi keluarga dan keturunan tidak akan membongkar makam yang masih banyak dikunjungi peziarah dari berbagai daerah itu.

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya