Viral Pabrik Ban di Cikarang Tutup Operasional, 1.500 Karyawand di PHK

Pabrik Ban Tutup Operasional di Cikarang
Sumber :
  • Tangkapan Layar: TikTok

Bekasi – Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan kemunculan sebuah video yang memperlihatkan beberapa karyawan pabrik tengah berkumpul di lokasi industri. Diketahui para karyawan tersebut adalah pekerja dari salah satu pabrik ban yang berada di Cikarang, Bekasi. 

Begini Pandangan Mayoritas Perusahaan di Indonesia soal AI

Melansir dari akun Instagram @infojawabarat, dalam video tersebut diumumkan bahwa pabrik yang bernama PT. Hung-A menyatakan telah menutup produksi. Sehingga seluruh karyawan dari pabrik tersebut terpaksa harus dirumahkan atau PHK massal. 

“PT Hung-A menyatakan tutup produksi, per tanggal 1 Februari 2024. Seluruh karyawannya pun terpaksa dirumahkan. Dalam rekaman video yang beredar, tampak karyawan PT Hung-A berdiri mendengarkan pengumuman perwakilan management,” tulis @infojawabarat.

Kisah Karyawan Teladan Tesla, Dedikasi Tinggi Berujung Dipecat

Pabrik Ban Tutup Operasional di Cikarang

Photo :
  • Tangkapan Layar: TikTok

Sementara itu, manajer personalia yang memberikan pengumuman dalam video tersebut menjelaskan bahwa penutupan operasional perusahaan dimulai pada 1 Februari 2024. Dalam video itu, informasi PHK tersebut disampaikan di depan seluruh karyawan yang dikumpulkan di depan pabrik. 

Ganjaran Kementerian BUMN untuk Pelindo karena Bantu Promosikan UMKM

"Per 1 Februari 2024, perusahaan PT Hung A melakukan penutupan operasional perusahaan, sesuai dengan surat keputusan direksi nanti yang akan ditempelkan," terang pria yang mengumumkan keputusan tersebut dalam video yang viral. 

Setelah pengumuman tersebut disampaikan kepada seluruh karyawan, semua pekerja di PT Hung-A langsung dirumahkan. Pria tersebut menegaskan bahwa bukan hanya pekerja yang terdampak PHK, tapi dirinya pun ikut terdampak. 

Pabrik PT Hung-A Indonesia di Cikarang

Photo :
  • Google Maps

"Surat yang akan ditempel nanti di baca, bahwa semua yang ada di sini termasuk saya akan terdampak PHK, dan sesuai dengan keputusan direksi nanti juga diperjelas dalam pengumuman, bahwa mulai hari ini semua karyawan dirumahkan," lanjutnya. 

Melansir dari situs resminya, PT Hung-A adalah sebuah perusahaan yang berada di lokasi Kawasan Industri Hyundai, Cikarang, Kabupaten Bekasi. Perusahaan yang berdiri sejak 1991 ini telah memproduksi berbagai jenis ban dan produk tabung. 

PT Hung-A Indonesia akan menutup operasionalnya mulai Februari 2024 mendatang dan mengakibatkan sekitar 1.500 karyawan terdampak PHK. Namun, ada desas-desus yang beredar bahwa perusahaan tersebut akan pindah ke Vietnam karena kalah saing. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya