Ditanya Anies Soal Mapan atau Nikah Dulu, Ini Kata Tom Lembong

Anies Baswedan dan Tom Lembong saat Live TikTok.
Sumber :
  • X | aniesbubble

Jakarta – Calon Presiden (Capres) nomor urut 1, Anies Baswedan bersama CO Captain Timnas AMIN, Thomas Lembong menyapa para pendukungnya melalui siaran langsung di TikTok Senin, 22 Januari 2024 lalu.

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

Dalam siaran langsung tersebut, kedua mantan menteri Jokowi itu membahas seputar persoalan yang banyak menimbulkan kegelisahan di kalangan anak muda khususnya generasi milenial dan gen Z.

Persoalan tersebut menyangkut keputusan untuk memilih menikah sebelum mapan, atau mapan dulu baru menikah.

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir
Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

“Nikah dulu atau mapan dulu?” tanya Anies ke Tom Lembong seperti dilihat Selasa, 23 Januari 2024.

“Nikah dulu,” jawab Tom tanpa berpikir panjang.

Menurut Tom, apabila sudah menemukan pasangan yang dianggap baik dan tepat, maka keputusan menikah bisa jadi pilihan terbaik.

“Serius, serius. Kenapa? Bagi saya sih jelas banget ya, tidak ada momen atau tidak ada saat yang ‘sempurna’ untuk menikah,” ucapnya.

“Kalau nasehat saya sih kalau merasa sudah menemui jodoh yang benar-benar tepat terjang udah,” sambungnya.

Tom tidak menyarankan anak muda mengulur waktu terlalu lama untuk menikah. “Jadi kalau dipatok, gitu ya, ‘oh saya harus punya uang segini dulu’ atau ‘saya harus mencapai jenjang segini dulu’ apakah di perusahaan atau di organisasi itu jangan, jangan,” imbuhnya.

Mantan Menteri Perdagangan RI (2015-2016), Thomas Lembong

Photo :
  • YouTube: Kasisolusi

Anies pun sepakat dengan yang disampaikan Tom. Menurutnya, apabila menunggu mapan, maka hal itu akan sulit digapai. Sebab, definisi mapan bakal sulit tercapai jika terus berpandangan ke atas.

“Iya saya juga merasa begitu. Gini, pertama definisi mapan, kapan mapan itu terjadi? Sekarang kita merasa udah mapan, begitu lihat orang lain ‘wih ternyata kita belum mapan’ terussss begitu,” kata Anies.

“Jadi, ketika sudah menemukan pasangan yang menurut kita pas, bismillah. Mulai hidup bersama dan bangun kemapanan itu bersama,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya