4 ‘Musuh’ Berat Habib Bahar Selain Andy Rompas

Pimpinan Pondok Pesantren Tajul Alawiyyin Bogor, Habib Bahar bin Smith
Sumber :
  • YouTube

Jakarta – Nama Habib Bahar bin Smith belakangan ini sedang menjadi perbincangan hangat di media sosial. Bukan tanpa alasan, dia sempat berselisih dengan panglima ormas adat Manguni Makasiouw, Andy Rompas yang bermarkas di Minahasa, Sulawesi Utara. 

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Pimpinan Pondok Pesantren Tajul Alawiyyin itu memang kerap membuat kontroversi dengan sejumlah orang. Mulai dari ucapan sampai tindakannya sering menjadi polemik di kalangan masyarakat. Bahkan, ia memiliki sejumlah ‘musuh’ usai perseteruan tersebut. 

1. Dua Remaja di Ponpes Tajul Alawiyyin

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Habib Bahar bin Smith

Photo :
  • YouTube: IBTV

Pada 1 Desember 2018 silam, Habib Bahar bin Smith sempat melakukan penganiayaan terhadap dua remaja di Ponpes Tajul Alawiyyin, Bogor, Jawa Barat. Habib Bahar naik pitam karena kedua anak tersebut berdandan menyerupai dirinya. 

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Habib Bahar menilai bahwa hal tersebut dianggap sudah melecehkan sang zuriyat Nabi Muhammad SAW tersebut. Atas kejadian tersebut, Habib Bahar resmi ditetapkan sebagai tersangka dan sampai ditahan di Polda Jawa Barat. 

2. Sopir Taksi Online

Pimpinan Pondok Pesantren Tajul Alawiyyin Bogor, Habib Bahar bin Smith

Photo :
  • YouTube

Masih pada tahun yang sama, pada 2018 Habib Bahar sempat tersandung kasus penganiayaan di Perumahan Bukit Cimanggu, Tanah Sereal, Bogor. Namun, kali ini korban dari kasus tersebut adalah sopir taksi online. Penganiayaan ini terjadi karena kesalahpahaman keduanya. 

Penganiayaan ini bermula saat istri Habib Bahar menghubungi korban untuk mengantarkan ke Pasar Asemka. Ketika pulang, sopir mendengar cekcok antara Habib Bahar dan Istri. Sang pendakwah kemudian keluar rumah dan menaiki mobil korban. 

Dalam perjalanan, ia melakukan penganiayaan karena menurut dia sang sopir telah menggoda istrinya saat di perjalanan. Akibat kasus tersebut, Habib Bahar dijerat Pasal 170 KUHP ayat (2) ke-1 tentang Kekerasan dalam dakwaan pertama, dan Pasal 351 KUHP ayat 2 tentang Penganiayaan Jo Pasal 55.

Kalapas Gunung Sindur bersama Habib Bahar dan Ryan Jombang

Photo :
  • Ist

Musuh Habib Bahar yang terakhir adalah terpidana eksekusi mati, Ryan Jombang. Perselisihan Habib Bahar dan Ryan Jombang terjadi di Lapas Gunung Sindur, Bogor, Ahad, 15 Agustus 2021. Keduanya diduga bertengkar masalah uang hingga Ryan Jombang dipukul Habib Bahar. 

Kuasa Hukum Ryan Jombang, Kasman Sangaji mengatakan, akibat penganiayaan tersebut, keliennya mengalami babak belur dan sempat muntah darah. “Yang disayat-sayat itu terjadi hari Minggu, yang dipukul itu hari Senin. (Disayat) gara-gara itu, uang itu," kata Kasman. 

Kasman mengatakan bahwa Habib Mahar meminjam uang kepada Ryan Jombang secara bertahap sampai mencapai sekitar Rp10 juta. Dia juga tidak mengetahui untuk apa uang tersebut dipakai oleh sang pendakwah. 

4. Andy Rompas

Andy Rompas Panglima Laskar Manguni

Photo :
  • Tangkapan Layar: Facebook

Andy Rompas menjadi musuh terbaru Habib Bahar sejak tahun 2023. Perseteruan keduanya bermula ketika ormas BSM yang dipimpin Habib Bahar dan Manguni Makasiouw yang dipimpin Andy Rompas berseteru di Bitung, Sulawesi Utara. 

Kini, para petinggi ormas BSM yaitu Habib Bahar bin Smith dengan panglima Manguni Andy Rompas masih berseteru lewat beberapa unggahan di media sosial mereka. Habib Bahar bahkan sempat menegaskan bahwa dia tidak akan tinggal diam dengan kelakuan Manguni. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya