Sosok Kapolda Perempuan Pertama, Atlet Sea Games Jadi Jenderal Bintang 1

Mantan Kapolda Banten, Brigjen (Purn) Rumiah Kartoredjo
Sumber :
  • Istimewa

Banten – Brigadir Jenderal (Brigjen) (Purn) Rumiah Kartoredjo merupakan polisi wanita (Polwan) pertama yang menjabat sebagai Kapolda di Indonesia.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Rumiah dilantik pada Januari 2008, oleh Kapolri saat itu Jenderal Sutanto sebagai Kapolda Banten menggantikan Brigjen Timur Pradopo yang dimutasi menjabat Kepala Selapa Lemdiklat Polri.

Sertijab Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo ke Komjen Pol Sutarman

Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

Ketika dilantik, Rumiah masih berpangkat Komisaris Besar (Kombes). Saat itu dia diharapkan mampu bersinergi dengan Pemprov Banten yang dipimpin seorang gubernur perempuan yakni Ratu Atut Chosiyah

Anak keempat dari delapan bersaudara ini lahir dari keluarga polisi, ayahnya H. Kartoredjo merupakan polisi zaman Belanda yang bertugas di Pabrik Gula Mojoagung.

Viral Megawati Kenalin Pacarnya ke Pemain Red Sparks, Ternyata Peraih Medali SEA Games

Wanita kelahiran Tulungagung, 19 Maret 1952 ini juga dikenal aktif dalam dunia olahraga. Rumiah bahkan pernah menjadi atlet daerah saat duduk di bangku sekolah.

Pada tahun 1975, Rumiah melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi Olah Raga (IKIP) Surabaya, sekarang dikenal sebagai Universitas Negeri Surabaya atau (Unesa).  

Selama masih berstatus mahasiswa, Rumiah sempat menjadi atlet nasional softball dan berlaga di SEA Games sampai akhirnya meraih medali emas.

Sebelum menamatkan kuliah, Rumiah memutuskan untuk mengikuti pendidikan di Sekolah Perwira Militer Sukarelawan (Sepa Milsukwan) ABRI tahun 1978. Sekitar tahun 1990 Rumiah melanjutkan pendidikan di Sekolah Lanjutan Perwira (Selapa) Polri.

Dia kemudian melanjutkan pendidikan di Sekolah Staf Komando Angkatan Darat (Seskoad) tahun 1995 dan Sekolah Staf Perwira Tinggi (Sespati) Polri pada 2003.

Sebelum menjabat Kapolda Banten, Rumiah lebih dulu menduduki sejumlah posisi penting di tubuh Polri, di antaranya, Komandan Peleton (Danton) Seba Polisi Wanita (Polwan), Kepala Sekolah Polwan (1999), kemudian Sekretaris Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Seslemdiklat) Polri.

Menjelang pensiun, Jenderal Bintang 1 itu menyerahkan jabatannya sebagai Kapolda Banten pada Brigjen Pol Agus Kusnadi pada upacara sertijab di Rupatama Mabes Polri yang dipimpin langsung Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri pada 2010 silam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya