5 Pendakwah Kondang Berdarah Batak, dari Ustaz Abdul Somad hingga Ustaz Solmed

Pendakwah, Penceramah, Ulama Ustaz Abdul Somad
Sumber :
  • YouTube Cerita Untungs

JakartaPendakwah atau ulama adalah individu yang memiliki pengetahuan agama Islam yang mendalam dan membagikan pengetahuannya dengan tujuan mendidik dan memperbaiki masyarakat secara spiritual serta moral. 

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Mereka bisa memberikan ceramah, khotbah, atau mengajarkan nilai-nilai Islam dan membimbing umat dalam menjalani kehidupan sesuai dengan ajaran agama. Ada beberapa pendakwah terkenal di Indonesia yang berasal dari suku Batak di Sumatera Utara, berikut ulasan selengkapnya.

1. Ustaz Abdul Somad

Geger Seorang Ulama Pesohor Kritik Nabi Muhammad

Pendakwah, Penceramah, Ulama Ustaz Abdul Somad

Photo :
  • YouTube Cerita Untungs

Ustaz Abdul Somad alias UAS merupakan seorang tokoh ulama yang tak diragukan lagi pengaruhnya di dunia Islam Indonesia. Pria kelahiran Silo Lama, Asahan, Sumatera Utara ini rupanya memiliki darah Batak dan Melayu dari kedua orang tuanya.

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Berasal dari dua suku yang berbeda, nama lengkapnya adalah Abdul Somad Batubara. Marga Batubara dalam nama UAS ini banyak digunakan masyarakat di wilayah Batak Toba, Batak Angkola, Batak Mandailing, dan Batak Alas. 

2. Arsyad Thalib Lubis

Arsyad Thalib Lubis

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Arsyad Thalib Lubis merupakan seorang ulama kristolog yang juga berdarah Batak. Ia merupakan sosok ulama yang cukup disegani pada saat itu. Sosok bernama Muhammad Arsyad Thalib Lubis dilahirkan di Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara pada Oktober 1908.

Arsyad diketahui sebagai putra kelima dari pasangan Lebai Thalib bin H. Ibrahim Lubis dan Markoyom Nasution. Karena keilmuannya yang mendalam, Arsyad bahkan mendapat gelar Syeikh di depan namanya. Ia memang mumpuni dalam berbagai ilmu Islam.

3. Zainul Arifin Pohan

Zainul Arifin Pohan

Photo :
  • NU Online

Pria yang diketahui bernama Zainul Arifin Pohan adalah seorang anak tunggal yang berasal dari pasangan raja Barus, Sultan Ramali bin Tuangku Raja Baru Sultan Sahi Alam Pohan dengan ibunya merupakan bangsawan Kotanopan, Mandailing Natal bernama Siti Baiyah br. Nasution.

Singkat cerita, ia Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) yang saat itu sangat aktif merekrut tenaga-tenaga muda nasional. Ia bahkan sempat berpartisipasi dalam pembentukan pasukan semi militer Hizbullah.

Ustaz Solmed.

Photo :
  • Instagram @ustad_solmed

Sholeh Mahmoed Nasution atau lebih sering disapa Ustaz Solmed dikenal sebagai penceramah sekaligus aktor yang tidak jarang ucapannya sering menuai kontroversi. Da’i ganteng berdarah Batak ini mulai dikenal setelah menjadi Juara Umum Lomba Pidato & Ceramah Nasional di Istiqlal.

Pria kelahiran Jakarta, 19 Juli 1983 ini adalah anak tunggal dari pasangan H. Nadjamuddin Nasution dan Hj. Salmah Lubis. Sejak kemunculannya di televisi, Ustaz Solmed semakin populer karena gaya penyampaian ceramahnya yang langsung ke pokok permasalahan dan tidak bertele-tele.

5. Hasanuddin Sinaga

Foto udara renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Hasanuddin Sinaga merupakan Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta yang berdarah Batak. Selain itu, ia juga menjadi dosen di Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Ia mewakili Indonesia dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) di Arab Saudi pada MTQ Internasional bidang tahfiz Al-Qur’an pada 1996.

Hasanuddin diketahui lahir di Tanjung Balai, Sumatera Utara pada 15 November 1970. Ia merupakan anak kelima dari delapan bersaudara dari pasangan Hasyim Ali dan Khairani Murni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya