Viral Bocah SD Makan Nasi Tanpa Lauk, Bukti Pentingnya Program Makan Siang Gratis Prabowo?

Bocah SD makan nasi tanpa plastik
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Trending – Media sosial baru-baru ini dihebohkan oleh sebuah video miris yang memperlihatkan anak bangsa yang masih duduk di Sekolah Dasar tengah asyik menyantap bekal makanan yang dibawanya dari rumah.

Prabowo Temani Jokowi Bertemu PM Singapura, Pengamat: Simbol Pelibatan Pemimpin Masa Depan

Alih-alih membawa bekal dengan paket empat sehat lima sempurna, pemandangan bikin terenyuh ini justru sebaliknya. Siswa SD yang belakangan ini kembali viral memperlihatkan bekal makanannya hanya berupa nasi putih tanpa lauk dan pauk.

Tidak hanya itu, ada juga siswa SD di tempat berbeda menunjukan bekal makanan yang berupa nasi dan ulat sagu saja. Momen tersebut terekam dalam sebuah unggahan video yang baru-baru ini dibagikan oleh akun TikTok @garudaprabowo_08.

Nikita Mirzani Bongkar Dugaan Penyiksaan Mantan Pacar: Dijambak, Dibenturkan ke Sofa Selama 30 Menit

Dalam video tersebut, betapa mirisnya nasib siswa/i Sekolah Dasar yang berbekal makan siang hanya dengan lauk atau pauk seadanya. Bahkan bisa dibilang ini jauh dari kata layak. Terlebih dalam video tersebut, memperlihatkan momen siswi SD yang sedang menyantap nasi putih dengan menggunakan plastik.

Risma Belum Bisa Imbangi Khofifah untuk Pilkada Jawa Timur, Menurut Pengamat

Alih-alih membawa kotak bekal yang lucu seperti siswa Sekolah Dasar pada umumnya, bocah perempuan tersebut justru tak masalah jika bekal makanannya di jam istirahat itu menggunakan plastik bening.

Sontak saja melihat kondisi tersebut, sejumlah warganet jadi teringat kembali pada program makan siang gratis yang diusung capres-cawapres paslon dari nomor urut 2 yakni Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Seperti diketahui, Janji kampanye capres dan cawapres nomor urut 2 memiliki janji dalam setiap kampanyenya yang tak pernah ketinggalan untuk digaungkan yakni soal pemberian makan siang gratis.

Makan siang gratis menjadi janji pasangan nomor urut 2 ini, jika kelak terpilih memimpin Indonesia. Hal ini bermula dari capres nomor urut Prabowo bertanya ke Ganjar terkait program makan gratis yang dijanjikannya bila terpilih menjadi presiden.

Prabowo mengatakan punya gagasan untuk memberi makan bergizi untuk seluruh anak Indonesia supaya masalah stunting dan kemiskinan bisa diatasi. Dari momen tersebut, program makan gratis dari calon presiden (capres) Prabowo Subianto mendapat banyak perhatian besar dalam debat capres kelima.

Lantas, bagaimana dengan pemandangan bocah SD yang makan siang tanpa lauk atau hanya makan dengan menggunakan ulat sagu saja? Apakah ini menjadi bukti bahwa program Prabowo Subianto yang berupa pemberian makan siang gratis itu penting?

Reaksi Warganet

Sontak saja unggahan video yang viral beberapa waktu belakangan ini pun sukses menarik perhatian publik. Media sosial dihebohkan dengan video viral tentang siswi SD yang makan nasi putih saja tanpa lauk yang terbungkus plastik.

"Aku pernah ngajar di salah satu sekolah, waktu bel istirahat tibaaa ada anak kelasku yg lain jajan dan bawa bekel dia cuma tiduran di meja, pas di tanya dia gak bawa bekel dan uang jajan dikarnakan memang tidak ada ongkos dan ayahnya hanya seorang buruh lepas yg kadang ada, kdang tidak. “Bapak lagi gk ada uang bu, jdinya mama sya gak masak saya pun ga dikasih uang jajan bu” yaallah",” tulis warganet.

"Di SMKN JATENG nya pak Ganjar , semuany full gratis, bukan hanya makan siang gratis,tapi makan sehari 3xgratis.. asrama jga gratis. lulus lngsung kerja," sahut pengguna lainnya.

"Pernah waktu sdh dulu, sulit dapat uang jajan, kelaparan saat di sekolah. dan ad program makan siang gratis, itulah hal yg membuat sy senang sekali," timpal lainnya.

"Inget dulu aku sd dikasih susu kedelai setiap hari aja seneng bgt apalagi kalo makan gratis," tulis pengguna lainnya.

"Ku teringat waktu tk uang saku 500perak dan mau beli makan harganya 2000, terus aku duduk di depan sekolah liat anak" lain pada beli," seru pengguna lainnya.

"@viviolivianatalie banyak di luaran sana yg tak mampu kak, kita ini untuk membuat anak2 bangsa kita kuat akan gizi anak pintar, anak sehat, anak riang," kata pengguna lainnya.

"bnr mereka tidak pernah ada d posisi d bawah sudah ketemu makan hanya 1 x Alhamdulillah banget wlw itu hanya dengan telur /garem ..dengan program nih," tulis lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya