5 Jenderal Bintang 2 Polisi Lulusan Akpol 1994, No 3 Pernah Sikat KKB di Papua

Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Destriadi Yunas Jumasani (Pontianak)

Jakarta – Akademi Kepolisian (Akpol) merupakan lembaga pendidikan khusus untuk mencetak perwira Polri yang berada di bawah Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri setara pendidikan vokasi Diploma 4 (D4).

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

Berdasarkan Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 21 Tahun 2010, lama pendidikan di Akpol adalah 4 tahun atau 8 semester. Setelah lulus para taruna akan mendapat pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda).

Para Taruna Akademi Kepolisian saat berbaris (ilustrasi).

Photo :
  • ANTARA/R. Rekotomo
Baliho Bertebaran Dimana-mana, Kapolda Irjen Luthfi Bantah Ancang-ancang Pilgub Jateng

Setiap tahunya, Akpol konsisten mencetak perwira muda Polri berbakat yang tak jarang setelah puluhan tahun, mereka akan menempati posisi strategis di tubuh Polri.

Seperti halnya 5 Jenderal Polisi Bintang 2 dalam daftar berikut yang merupakan lulusan Akpol 1994. Setelah kurang lebih 20 tahun berkarier di kepolisian nama dalam daftar ini sukses mendapat posisi strategis.

Polda Jatim: Kapolda Instruksikan Tindak Tegas Polisi di Surabaya yang Diduga Cabuli Anak Tiri

Siapa saja mereka? Simak daftar selengkapnya di halaman kedua.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Istimewa Yogyakarta, Irjen Suwondo Nainggolan merupakan lulusan Akpol 1994. Selama berkarier di kepolisian, laki-laki kelahiran 26 April 1972 ini sudah beberapa kali menduduki posisi strategis, seperti, Karobinkar SSDM Polri (2020) dan Kakorbinmas Baharkam Polri (2020).

Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Pipit Rismanto

Photo :
  • Antara

Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pipit Rismanto juga merupakan jenderal Akpol 1994. Jenderal Bintang 2 ini tercatat telah menduduki sejumlah jabatan penting, yakni Kasubdit I Dittipidter Bareskrim Polri, Wadirtipidter Bareskrim Polri (2020) dan Dirtipidter Bareskrim Polri (2021).

Sepanjang masa dinasnya, Brigjen Pipit Rismanto mempunyai cukup rekam jejak yang cemerlang. Pada Oktober 2022, ia ditunjuk untuk memimpin tim khusus (timsus) bentukan Polri untuk menyelidiki kasus gagal ginjal akut pada anak

3. Irjen Roycke Harry Langie

Kakorbinmas Baharkam Polri, Irjen Roycke Harry Langie

Photo :
  • Istimewa

Kakorbinmas Baharkam Polri, Irjen Roycke Harry Langie juga salah satu jenderal Bintang 2 lulusan Akpol 1994. Selama berkiprah di kepolisian, ia sempat ditunjuk untuk menduduki posisi penting, seperti Dirreskrimum Polda Metro Jaya (2018), Wakapolda Bali (2020) dan Analis Kebijakan Utama Bidang Pidum Bareskrim Polri (2021).

Pada 2020 lalu, laki-laki kelahiran 24 November 1970 ini sempat memimpin Operasi Nemangkawi Polri, operasi bersama dengan TNI untuk membasmi kelompok kriminal bersenjata (KKB) Organisasi Papua Merdeka (OPM).

4. Irjen Dwiyono

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol M Iriawan saat lantik Kapolres baru se-Jakarta.

Photo :
  • Bayu Nugraha - VIVA.co.id

Deputi Bidang Intelijen Pengamanan Aparatur BIN, Irjen Dwiyono juga merupakan salah satu sosok penting dalam angkatan Akpol tahun 1994. Terbukti, laki-laki kelahiran Demak, Jawa Tengah ini sempat menduduki beberapa jabatan strategis, seperti Kapolresta Depok (2015), Kapolres Metro Jakarta Pusat (2016), Kapolres Metro Jakarta Utara (2017) dan Analis Kebijakan Madya Bidang STIK Lemdiklat Polri (2017).

5. Irjen Adi Deriyan Jayamarta

Sahlijemen Kapolri, Irjen Adi Deriyan Jayamarta merupakan Jenderal Bintang 2 lulusan Akpol 1994. Selama brkarier di kepolisian, Adi tercatat sudah bebrapa kali menduduki posisi strategis seperti, Staf Khusus Menparekraf Bidang Keamanan (2020) dan Anjak Utama Bidang Pidkor Bareskrim Polri (2021).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya