Cak Imin Posting Sholat Berjamaah dengan Anies Baswedan, Netizen Kritik Posisinya

Cak Imin dan Anies Baswedan
Sumber :
  • Dok.Istimewa

VIVA – Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan postingan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Dalam postingannya di Instagram, Cak Imin membagikan sebuah momen di mana ia sedang sholat berjamaah dengan capresnya Anies Baswedan

Postingan tersebut menjadi sorotan netizen lantaran posisi sholatnya berjauhan, padahal hanya sholat berdua. Alhasil langsung viral dan menjadi perbincangan warganet.

Ernando Ari Viral di Korea Selatan karena Joged Mengejek Lawan

Posting sholat berjamaah

Cak Imin dan Anies Baswedan

Photo :
  • Dok.Istimewa
Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP

Dalam foto tersebut, terlihat jamaah sholat hanya dua orang, yakni Cak Imin dan Anies. Posisi mereka dikatakan salah lantaran Anies yang sebagai makmum berada di belakang imam.

Merujuk dalam hadist, seharusnya posisi Anies di samping sebelah kanan Cak Imin atau berdekatan dengan imam jika makmum sholatnya hanya satu orang. 

Postingan itu langsung banyak dikomentari oleh warganet. Warga twitter atau X dan media sosial TikTok ramai membahas postingan Cak Imin ini.

Salah satu yang mengunggah foto Cak Imin dengan Anies ini yakni akun TikTok @lindaaaa__22. Ia mengkritik postingan Cak Imin karena sholatnya yang berjamaah dengan Anies di posting di media sosial. Selain itu posisinya juga dikritik karena dinilai salah.

Haruskah ketika kita sholat itu di foto kemudian di posting? Maksud dan tujuannya apa ya pak? Dan apakah benar posisi sholat berdua imam dan makmumnya seperti itu? menurut yang pernah saya pelajari makmum sholat di sisi sebelah kanan (namun tidak sejajar) agak mundur sedikit daripada imam,” ujarnya, dikutip Jumat, 9 Februaru 2024.

Dan bukankah postingan ini merupakan perbuatan Ujub?” imbuhnya.

Dalam hadits yang disampaikan oleh Imam Bukhari, Ibnu Abbas berkata, “Saya menginap di rumah bibi saya, Maimunah (istri Nabi). Nabi shalat isya, lalu datang dan shalat empat rakaat. Kemudian Nabi tidur, bangun malam dan shalat. Saya datang lalu berdiri di sebelah kiri Nabi, dan beliau mengarahkan saya ke sebelah kanan Nabi.”

Foto di-crop?

Cak Imin dan Anies Baswedan

Photo :
  • Dok.Istimewa

Tim VIVA mencoba mencari foto di media sosial X, rupanya foto tersebut di potong. Seharusnya ada Cak Imin, Anies, dan dua jamaah perempuan. Namun yang tersebar hanya ada Cak Imin dan Anies. Lantas, bagaimana dengan posisi mereka? Salah atau benar?

Dikutip dari situs Pondok Pesantren Al-Hikmah, jika terdapat makmum seorang lelaki dan seorang wanita, maka posisinya adalah letak makmum di sebelah kanan sejajar dengan imam dan letak wanita di belakang mereka berdua.

Dari Abdullah bin Abbas radliyallahu anhuma berkata, “Aku sholat di sisi Nabi Shallallahu alaihi wa sallam dan Aisyah di belakang kami sholat bersama kami. Sedangkan aku di samping Nabi Shallallahu alaihi wa sallam sholat bersamanya”. [HR an-Nasa’iy: II/ 86 dan Ahmad: I/ 304. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Shahih].

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya