Banyak Anak Muda Enggan Menikah, China Dibayangi Ancaman Krisis Demografi

Ilustrasi pernikahan China.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Xinhua/Ou Dongqu/pras.

VIVA – Krisis demografi di Tiongkok tidak memiliki prospek pemulihan karena angka terbaru menunjukkan peningkatan jumlah pernikahan terlambat, khususnya di daerah pedesaan. 

Menakjubkan, 187 Pria dan Wanita Masuk Islam di Masjid Gtown Philadelphia Amerika

Penurunan tajam dibandingkan satu dekade lalu, lebih dari 50 persen pemuda berusia antara 25 dan 29 tahun tetap tidak menikah pada tahun 2023. Perlambatan ekonomi tampaknya menjadi alasan pesimisme di kalangan pemuda Tiongkok. 

Zhang Yu, 32 tahun, yang bekerja di sebuah perusahaan infrastruktur, mengatakan dia menghindari masalah besar dengan tidak menikah. 

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

“Perkawinan, melahirkan anak, dan pinjaman rumah dan mobil semuanya merupakan kewajiban, yang merupakan cerukan dari masa depan. Kalau kelesuan ekonomi sudah jelas, kalau tidak ada sumber pemasukan, kita hanya bisa mengurangi pengeluaran,” tuturnya dilansir Directus, Selasa 13 Februari 2024.

Menurut Buku Tahunan Statistik Kependudukan dan Ketenagakerjaan Tiongkok tahun 2023, angka lajang berusia 25 dan 29 tahun di wilayah perkotaan Tiongkok telah mencapai angka yang mengkhawatirkan, yaitu sebesar 56,9 persen. 

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Angka tersebut adalah 47,4 persen di kalangan pemuda pedesaan. Gangguan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19, yang menyebabkan pemotongan gaji, kehilangan pekerjaan, dan meningkatnya ketidakpastian profesional, terlihat semakin menambah keengganan kaum muda untuk menikah.

Ilustrasi populasi warga China.

Photo :
  • The Irish Time

Keengganan dan sikap apatis terhadap pernikahan tidak sejalan dengan seruan Presiden Tiongkok Xi Jinping kepada kaum muda untuk menikah dan memulai sebuah keluarga untuk mengatasi masalah demografi. 

Kaum muda menganggap seruan untuk menikah sebagai upaya pemerintah untuk mencegah persalinan yang terpendam di negara tersebut. Jumlah pasangan yang menikah di Tiongkok turun dari 7,63 juta pada tahun 2021 menjadi 6,83 juta pada tahun 2022 – terendah sejak tahun 1986.

Jessica Fu, koordinator pemasaran dari Kota Guangzhou, mengatakan sepupunya terpaksa meninggalkan kariernya dan menjadi wanita “tradisional” Tiongkok. 

“Saya tidak menyukai dampak pernikahan terhadap orang-orang di Tiongkok. Tapi saya memilih untuk tidak menikah,” katanya. Meskipun gaya hidup modern merupakan salah satu faktor utama penundaan atau tren larangan menikah di Tiongkok, tantangan ekonomi tampaknya menjadi alasan utamanya. 

Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok mengakui bahwa biaya pendidikan yang lebih tinggi dan biaya mengasuh anak telah menyebabkan angka pernikahan menurun. 

Yu Zhang, seorang teknisi laboratorium berusia 26 tahun dari Shanghai yang tinggal bersama pacarnya, mengatakan membeli rumah dan membesarkan anak adalah hal yang tidak realistis.

Ilustrasi Pekerja China.

Photo :
  • www.technologyreview.com

“Pernikahan seperti sekarat di Tiongkok. Pikiran untuk menikah membuat kita lebih stres daripada bahagia. Pasar properti tidak bagus dan terlalu mahal untuk punya anak,” ujarnya.      

Tingkat pengangguran melampaui 20 persen pada tahun 2023, menyebabkan banyak generasi muda kehilangan pekerjaan. Hal ini memperkuat tren terlambat atau tidaknya pernikahan. 

“Dalam tradisi Tiongkok, Anda memulai karier dan kemudian memulai sebuah keluarga. Tingkat pengangguran kaum muda mempunyai dampak nyata terhadap keluarga. Hal ini menunda proses orang memiliki anak,” Su Yue, kepala ekonom di Economist Intelligence Unit yang berbasis di Shanghai.

Pemikiran mengenai tingginya pengeluaran setelah menikah karena ketidakstabilan ekonomi juga mempengaruhi kaum muda Tiongkok yang kaya. 

Pengusaha yang berbasis di Shanghai, Victor Li, khawatir tentang kemampuannya untuk membiayai pernikahan di tengah prospek pertumbuhan yang buruk. “Sangat mahal bagi kami untuk menikah, apalagi di kota besar seperti Shanghai. Dari segi kemampuan finansial, sebenarnya banyak memberikan tekanan pada anak muda, termasuk saya,” ujarnya. 

Tren pernikahan terlambat juga menjadi populer di daerah pedesaan Tiongkok. Perempuan muda dari desa bermigrasi ke kota untuk mencari pendidikan dan pekerjaan yang lebih baik. Dan kebanyakan dari mereka tidak kembali, sehingga mengganggu rasio jenis kelamin, kata Dong Yuzheng, seorang ahli demografi yang berbasis di Guangdong. 

Pasangan pengantin mengikuti sebuah upacara pernikahan tradisional China

Photo :
  • ANTARA FOTO/Xinhua/Ou Dongqu/pras.

Sebuah laporan yang disusun oleh peneliti Tiongkok dari Universitas Huazhong dan Xi'an Jiaotong mengatakan, "Kemungkinan laki-laki pedesaan untuk menikah terus menurun selama dekade ini, dan laki-laki pedesaan secara signifikan lebih kecil kemungkinannya untuk menikah dibandingkan laki-laki perkotaan."

Selain itu, tingginya biaya yang berkaitan dengan adat perkawinan dan mahalnya mahar menjadi kendala utama. 

“Harga pengantin yang sangat tinggi dan biaya pernikahan yang meningkat merupakan beban ekonomi yang berat bagi keluarga pedesaan, dan laki-laki di beberapa keluarga yang tidak mampu membayar mahar dan biaya pernikahan terpaksa tetap melajang,” kata Jin Xiaoyi, profesor di Xi' Universitas Jiaotong.

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya