Terungkap Asal Usul Joget Gemoy Prabowo Subianto: Happy Aja

Prabowo Subianto
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Trending – Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dikenal dengan joget gemoy yang menjadi ciri khasnya selama proses kampanye berlangsung.  Kendati sudah memasuki masa tenang, sosok Prabowo Subianto tak lepas dari joget andalannya tersebut yang sudah terkenal seantero negeri. 

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Mungkin bagi sebagian pendukungnya yang belum tahu, bahwa ada asal usul di balik joget gemoy yang kini jadi ciri khas capres dari paslon nomor urut 2 tersebut.

Berawal dari bincang-bincangnya bersama Deddy Corbuzier di kanal YouTube pribadinya pada Selasa 13 Februari 2024, ia mengungkapkan bahwa ada cerita di balik joget gemoy tersebut.

Sebut Sahabat Lama, Prabowo Unggah Foto Ketemu Surya Paloh Deklarasi Nasdem Bergabung

Awalnya dalam video YouTube tersebut, sang pemandu podcast yakni Deddy Corbuzier dibuat bertanya-tanya alasan Prabowo Subianto harus berjoget seperti itu di dalam setiap kesempatan. Mengingat, karena joget yang diusung Menteri Pertahanan ini membuat banyak orang yang akhirnya jadi ikut tren tersebut.

"Karena gini pak, saya boleh protes? Kan yang saya suka, saya katakan suka, enggak ya saya bilang enggak suka. Ini yang saya enggak suka, gara-gara seorang Prabowo Subianto, satu Indonesia jogetnya begini," kata Deddy Corbuzier di kanal YouTubenya.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

"Kenapa begitu pak? Saya mulai terganggu," tanya Deddy lebih lanjut. Scroll untuk baca selengkapnya berikut ini.

Cerita di Balik Joget Gemoy

Joget gemoy yang sudah mendarah daging di jiwa Prabowo Subianto dan para pendukung capres 02 ini rupanya memiliki cerita menarik yang mungkin belum semua orang tahu.

Rupanya, ada latar belakang Prabowo Subianto memilih gaya joget gemoy yang khas dengan dua tangan yang menjulur ke samping. Usut punya usut ternyata masih ada kaitannya dengan kisah pewayangan,yang pernah diajarkan oleh sang kakek.

"Kakek saya orang Jawa dari Banyumas, zaman itu belum ada televisi, jadi hiburannya wayang," kata Prabowo Subianto mulai bercerita.

Menurutnya dalam cerita wayang itu khususnya wayang orang, sang kakek merasa senang dengan sosok tokoh Pandawa dan Kurawa. Di mana gerakannya seperti orang yang sedang melakukan pencak silat.

"Pandawa dan Kurawa, pertempuran antara baik dan jahat. Dalam wayang itu, koreografi, pertempurannya banyak menggunakan silat, pencak silat," tandasnya lebih lanjut.

Selalu Disambut dengan Gerakan Silat

Cerita masa lalu kembali dikenang Prabowo Subianto, lantaran setiap ia mengunjungi kediaman sang kakek pasti akan selalu disambut dengan gerakan seperti orang yang sedang melakukan silat.  Tak hanya itu, gerakan tersebut juga sudah turun-temurun di keluarganya ketika menyambut adanya kabar bahagia maupun kabar baik.

"Di keluarga saya, bapak saya juga begitu. Kalau ada berita baik, dalam keadaan senang, seperti itu (gerakannya)," kata Prabowo Subianto.

Prabowo Subianto menuturkan, gerakan itu sudah dilakukan puluhan tahun lalu. Di mana, menurutnya tujuan dari joget gemoy tersebut sebagai ungkapan ekspresi atau reaksi atas kebahagiaan, bukan tiba-tiba muncul dalam kampanye 2024 ini.

"Jadi reaksi saya begitu, bahagia. Kalau ada orang cari negatif, saya nggak mau. Happy aja," kata sang Menhan dalam YouTube Deddy Corbuzier baru-baru ini.

Kata Juru Bicara TKN Prabowo

Perihal joget gemoy tersebut juga pernah diungkapkan oleh Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo.

“Waktu kata gemoy itu muncul pun itu bukan dari TKN. Karena itu kan munculnya jauh setelah Pak Prabowo menyatakan akan maju sebagai capres. Artinya, itu bukan secara strategi dilakukan dari awal,” kata Saras pada Kamis 25 Januari 2024 lalu.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, bahwa  istilah gemoy tersebut muncul dengan sendirinya di kalangan masyarakat usai melihat Prabowo menampilkan joget khasnya. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya