TPS Bernuansa Adat dan Petugas KPPS Berpakaian Adat Sambut Pemilih di Bengkulu

TPS Bernuansa Adat dan Petugas KPPS Berpakaian Adat Sambut Pemilih di Bengkulu
Sumber :
  • Antara

Bengkulu – Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang disulap dengan menggunakan ala pelaminan adat Bengkulu membuat sejumlah masyarakat antusias untuk mengikuti pelaksanaan pemungutan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

TPS 01, TPS 02 dan TPS 03 yang berada di Kelurahan Pintu Batu, Kecamatan Teluk Segara merancang TPS menjadi pelaminan adat khas Bengkulu dan panitia Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menggunakan pakaian adat.

"Saya sangat senang dan antusias mendatangi TPS ini karena nuansa nya berbeda dengan TPS yang lainnya," kata salah seorang warga yang memilih di TPS 02 Kelurahan Pintu Batu Erwin di Bengkulu dilansir Antara, Rabu 14 Februari 2024.

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

Ia menyebutkan, TPS 02 tersebut memang setiap pemilu menggunakan nuansa yang berbeda dari TPS yang lainnya sehingga para masyarakat semangat untuk berpartisipasi dalam pemungutan suara pada Pemilu 2024.

Hal senada juga disampaikan oleh Juwita bahwa tidak hanya TPS yang bernuansa adat, tetapi para petugas KPPS juga menggunakan pakaian adat khas Bengkulu saat menyambut pemilih yang datang untuk mencoblos.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Sementara itu, KPU Kota Bengkulu telah telah menganggarkan dana sebesar Rp4 miliar lebih untuk pembangunan dan operasional tempat pemungutan suara (TPS) pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Pelipatan Kertas Suara Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dana tersebut digunakan untuk pembangunan TPS, operasional, pembelian alat tulis kantor (ATK), sewa alat penggandaan dan penambahan kuota untuk teman-teman KPPS yang menjabat sebagai operator Sirekap di masing-masing lokasi.

"Total anggaran di setiap TPS sesuai dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) hampir mendekati Rp5 juta per satu TPS dan dana tersebut di luar honor Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS)," kata Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Bengkulu Anggi Stephensent.

Saat ini, anggota KPPS di Kota Bengkulu tengah melakukan pemetaan pembangunan TPS sesuai dengan instruksi yang telah diberikan dan regulasi. (Ant)

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya