Sederet Nama Bayi Terfavorit di Tahun 2023 Menurut Dukcapil

Ilustrasi Bayi Baru Lahir (Doc: Marocco World News)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

VIVA Nasional – Memberikan nama kepada seorang anak adalah keputusan yang penting dan berarti bagi orangtua. Mengingat, nama merupakan sebuah identitas bagi seseorang. Terlebih nama juga menjadi sebuah doa dan harapan bagi orangtua agar anak bisa tumbuh seperti namanya.

Selamat! Laura Theux dan Indra Brotolaras Dikaruniai Anak Pertama

Seperti sederet nama yang kami bagikan berikut ii, ternyata menjadi paling favorit di tahun 20233 menurut Dukcapil.  Diketahui melalui Instagram dukcapilkemendagri, Dirjen Dukcapil, Dr. Teguh Setyabudi, M.Pd., menyebut pada tahun 2023 bahwa terdaftar nama bayi perempuan dan laki-laki yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. 

"Halo temen-temen, tahun 2023 baru saja kita lalui, dan sekarang saya mau kasih info terkait data unik nama favorit yang paling banyak digunakan pada bayi lahir tahun 2023," terang Teguh mengawali pembicaraannya, seperti dikutip dari Instagram @dukcapilkemendagri yang diunggah ulang oleh @infopop.id dikutip VIVA.co.id pada Rabu 14 Februari 2024.

Dukcapil Jakarta Sebut 8,3 Juta Warga Akan Ganti KTP Saat DKI Berubah Jadi DKJ
Dukcapil DKI Catat Ratusan Ribu Warga Pemegang KTP Jakarta Tinggal di Bodetabek

Dan terungkap, bahwa pemilik nama Muhammad menjadi yang paling banyak digunakan selama tahun tersebut.
 
Nama Paling Favorit Menurut Dukcapil

Berikut nama-nama bayi laki-laki favorit 2023 menurut data Dukcapil,

  • Muhammad Al Fatih
  • Muhammad Attaqi Rafandra
  • Muhammad Arsya Alfarizqi
  • Kenzie Alvaro Devanka
  • Muhammad Arkanza

Sedangkan, untuk nama bayi perempuan favorit 2023 seperti berikut ini;

  • Alifa Sea Amanda
  • Aruni Nasa Rasita
  • Adiva Arsilva Safina
  • Afisa Gania
  • Fatimah Az Zahra

Nama Bayi yang Dianjurkan dalam Islam

Memilih nama bayi dalam Islam adalah keputusan penting yang penuh pertimbangan. Islam menganjurkan untuk memilih nama yang baik dan memiliki makna positif, karena nama akan dibawa oleh anak sepanjang hidupnya. 

Berikut beberapa panduan umum untuk memilih nama bayi yang dianjurkan dalam Islam:

Makna:

  • Pilih nama yang memiliki arti positif dan terpuji, seperti nama-nama yang berkaitan dengan sifat Allah, sifat para Nabi, dan nilai-nilai Islam.
  • Hindari nama yang memiliki arti negatif atau buruk.

Contoh:

  • Laki-laki: Rahman (Maha Pengasih), Karim (Maha Pemurah), Yusuf (Ketampanan), Ahmad (Yang Terpuji), Ayyub (Sabar).
  • Perempuan: Maryam (Ketaatan), Khadijah (Kecerdasan), Fatimah (Yang Diciptakan), Aisyah (Kehidupan), Hawa (Kehidupan).

Sebagai seorang Muslim, sudah seharusnya kita memberikan nama buah hati kita dengan nama yang mengandung makna terbaik. Ada juga sejumlah nama yang disukai oleh Allah SWT, seperti salah satunya, Abdullah yang bermakna hamba Allah.

Berikutnya, ada juga Abdurrahman yang artinya hamba yang Maha Pengasih, seperti dijelaskan dalam hadis Muslim dalam Shahih Muslim kitab al-Adab dan At-Tirmidzi dalam Sunan Tirmidzi.

Rasulullah SAW berkata dalam sebuah hadits,

"Nama yang paling disukai Allah adalah Abdullah dan Abdurrahman, yang paling tepat adalah Harits dan Hammam, sedang nama terjelek adalah Harb dan Murrah." (HR Muslim)

Bahkan, melalui riwayat lainnya dikatakan Rasulullah SAW pernah menyuruh salah seorang di antara sahabat nabi untuk mengganti nama bayi yang semula Qasim menjadi Abdurrahman. Dari Jabir bin Abullah RA, ia berkata:

"Suatu ketika ada salah seorang di antara kami yang mempunyai bayi lelaki dan diberi nama Qasim. Lalu kami pun berkata, "Kami tidak akan memberikan julukan kepadamu Abu Qasim dan kami tidak senang dengan nama anaknya itu." Kemudian orang tersebut membawa bayinya kepada Rasulullah seraya menceritakan kepada beliau tentang apa yang telah dialaminya. Maka Rasulullah berkata, "Berilah anakmu nama Abdurrahman." (HR Muslim)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya