Mukjizat! Bocah Kembar Siam Bisa Lepas Setelah Jalani 12 Jam Operasi

Bocah Kembar Siam Bisa Lepas Setelah Jalani 12 Jam Operasi
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Kembar siam adalah keadaan di mana dua individu manusia lahir dengan tubuh yang terhubung secara fisik, atau menyatu dalam satu atau lebih bagian tubuh, yang disebabkan oleh pembelahan embrio yang tidak sempurna selama tahap awal kehamilan.

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

Dilansir dari Brightside, Jumat, 16 Februari 2024, Stuti dan Aradhana, anak kembar siam, telah mengalami perubahan hidup secara drastis setelah menjalani operasi bedah selama 12 jam di Rumah Sakit Mission.

Mereka terlahir dengan jantung dan hati yang menyatu secara halus dan disatukan oleh membran, yang menjadi tantangan besar bagi orang tua mereka.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Bocah Kembar Siam Bisa Lepas Setelah Jalani 12 Jam Operasi

Photo :
  • Istimewa

Ayah mereka, Hariram Yadav, seorang petani lokal dengan keterbatasan finansial, kesulitan mendapatkan intervensi medis untuk anak-anaknya. Karena keterbatasan ini, Yadav membawa kedua anaknya pulang setelah kelahiran mereka oleh sang istri.

Mayat Bayi Ditemukan Terbungkus Kardus di Tanah Abang, Diduga Dibuang Sang Ayah.

Namun, berkat perhatian masyarakat dan bantuan keuangan dari pemerintah negara bagian Madhya Pradesh, kedua anak ini mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan.

Sebuah tim medis khusus yang terdiri dari 23 dokter dan 11 perawat dari India dan Australia bekerja sama dalam operasi rumit untuk memisahkan bayi kembar siam ini.

Setelah 12 jam di ruang operasi, si kembar akhirnya berhasil dipisahkan. Proses dimulai dengan memisahkan jantung mereka yang sebelumnya disatukan oleh membran, diikuti dengan pemisahan hati yang menyatu secara halus.

Bocah Kembar Siam Bisa Lepas Setelah Jalani 12 Jam Operasi

Photo :
  • Istimewa

Inspektur Rumah Sakit Dr. Rajiv Choudhry menyatakan kepuasannya dengan hasil operasi, mencerminkan dedikasi dan keterampilan tim medis.

Namun, di tengah kemenangan ini, tragedi menyelimuti keluarga ketika bayi Aradhana meninggal akibat serangan jantung. Kondisi ini terjadi 15 hari setelah operasi rumit yang bertujuan memisahkannya dari saudara perempuannya, Stuti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya