Geger Polisi Tertembak dan Tewas di Tempat, Mantan Istri: Dia Orang Baik

Ilustrasi Polisi olah TKP kecelakaan lalu lintas.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Amerika Serikat – Mantan istri dari salah satu petugas polisi yang tewas dalam penembakan di Minnesota mengatakan bahwa almarhum adalah "orang yang paling murah hati, penyayang, dan sabar yang pernah saya kenal".

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 

Dilansir dari BBC, Selasa, 20 Februari 2024, Paul Elmstrand yang berumur 27 tahun, ditembak mati di sebuah rumah di Burnsville pada hari Minggu,18 Februari 2024 bersama dengan seorang petugas lain dan seorang paramedis.

Pria bersenjata itu membarikade dirinya sendiri di dalam rumah bersama tujuh anak dan melepaskan tembakan saat polisi yang mencoba untuk bernegosiasi.

Ogah Pakai Pelampung, Bocah 6 Tahun di Cikarang Tewas Tenggelam di Kolam Renang

Deretan Polisi Tertembak dan Tewas Ditempat

Photo :
  • Istimewa

Seorang petugas lainnya dan seorang paramedis tewas dalam insiden tersebut, yang terjadi setelah adanya panggilan kekerasan dalam rumah tangga pada dini hari.

Puslabfor Polri Selidiki Kasus Kebakaran Maut Toko Frame Mampang

Istri Elmstrand, Cindy Elmstrand-Castruita, mengatakan kepada mitra BBC: "Saya pikir dia harus menjadi pahlawan. Dia harus melakukan apa yang menurutnya benar untuk melindungi nyawa anak-anak itu meskipun itu berarti membahayakan dirinya sendiri dan ini membuat saya sedih karena sekarang dia telah tiada.

"Tetapi saya tahu bahwa dia berpikir bahwa apa yang dia lakukan adalah benar."

Dia mengatakan bahwa suaminya yang merupakan ayah dari seorang bayi berusia lima bulan dan seorang anak berusia dua tahun "akan meninggalkan segalanya untuk membantu seseorang yang membutuhkan, apakah itu keluarga, teman, atau seseorang di jalan".

"Dia bisa bercakap-cakap dengan siapa saja dan membuat mereka merasa diperhatikan," katanya.

Selain Elmstrand, petugas polisi Matthew Ruge, yang berusia 27 tahun, dan paramedis Adam Finseth, 40 tahun, juga tewas dalam penembakan tersebut.

Pihak berwenang negara bagian mengatakan bahwa petugas dipanggil sekitar pukul 01:50 waktu setempat (07:50 GMT) ke alamat di Burnsville, sebuah kota yang berjarak sekitar 15 mil (24 km) di sebelah selatan pusat kota Minneapolis.

Mereka menanggapi "laporan situasi rumah tangga" yang melibatkan seorang pria bersenjata, kata Supt Drew Evans dari Biro Penangkapan Kriminal Minnesota.

Deretan Polisi Tertembak dan Tewas Ditempat

Photo :
  • Istimewa

Petugas kemudian mengetahui bahwa tujuh anak, berusia dua hingga 15 tahun, juga "terkurung" di dalam rumah tersebut. Mereka kemudian menghabiskan "cukup banyak waktu untuk bernegosiasi dengan orang tersebut".

Penyerang kemudian melepaskan tembakan, menewaskan tiga korban dan menyebabkan cedera yang tidak mengancam jiwa pada polisi keempat, yang bernama Adam Medlicott.

Rincian tentang apa yang terjadi selanjutnya masih belum jelas, meskipun Supt Evans mengkonfirmasi bahwa polisi "membalas tembakan". Media lokal mengatakan bahwa pria bersenjata itu bunuh diri.

Dia dikatakan oleh Supt Evans memiliki "beberapa senjata dan amunisi dalam jumlah besar", dan menembaki para responden pertama dari berbagai bagian rumah.

Dia belum disebutkan namanya. Dia ditemukan tewas sekitar pukul 08:00, yang membuat penghuni rumah lainnya dapat melarikan diri tanpa cedera.

Deretan Polisi Tertembak dan Tewas Ditempat

Photo :
  • Istimewa

Elmstrand-Castruita mengatakan kepada CBS bahwa ia mengetahui tentang kematian suaminya pada hari Minggu pagi, setelah bangun tidur dan melihat pesan dari temannya yang mengatakan bahwa ia turut berduka atas apa yang ia alami.

"Saya melihat ke luar jendela kamar tidur saya dan melihat sebuah mobil patroli di luar sana," katanya. "Saya tahu. Saat itulah saya tahu dia telah tiada."

Para tetangga di jalan perumahan yang sepi itu menggambarkan ketakutan mereka ketika insiden tersebut meningkat. Jason Skog ingat melihat banyak polisi dan pasukan Swat di lingkungannya.

Menggambarkan suara ledakan dan tembakan, dia mengatakan dengan cepat menjadi jelas bahwa "sesuatu yang buruk sedang terjadi".

Penyelidikan sedang dilakukan untuk mengetahui apa yang terjadi, sementara penghormatan diberikan oleh para pekerja darurat di daerah setempat dan sekitarnya. Sebuah acara mengheningkan cipta yang diterangi cahaya lilin diadakan untuk para korban pada hari Minggu malamnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya