Mengenal Rabu Pon, Kalender Jawa yang Identik dengan Reshuffle Kabinet Jokowi

Presiden Jokowi dalam acara kongres GP Ansor
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Jakarta - Tepat hari ini, Rabu 21 Februari 2024. Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle beberapa menterinya. Namun ada yang unik, mantan Gubernur DKI itu selalu melakukan pergantian kabinetnya pada Rabu Pon.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Bukan tanpa alasan, selama kepemimpinan Jokowi, ia selalu melakukan perombakan atau reshuffle kabinet selalu di Rabu Pon. Ini akan menjadi keempat kalinya bagi ayah Gibran tersebut melakukan perubahan di hari tersebut.

Presiden Jokowi hadir di tengah-tengah nasabah PNM Mekaar

Photo :
  • PNM
Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Selain itu juga, Rabu Pon merupakan hari lahir Jokowi yaitu pada 21 Juni 1961. Mungkin ini salah satu alasan Ayah dari Gibran Rakabuming selalu melakukan reshuffle pada hari Rabu Pon.

Dalam reshuffle nanti, ada beberapa menteri yang diperkirakan akan ganti. Salah AHY akan masuk kabinet Jokowi, Selain itu juga Hadi Tjahjanto yang merupakan mantan panglima TNI diisukan akan menjadi Menkopolhukam menggantikan Mahfud MD yang mengundurkan diri pasca pencalonan jadi wakil presiden.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Namun perlu diketahui, mengenal Rabu Pon yang selalu Jokowi pilih sebagai hari reshuffle di kabinetnya. Berikut beberapa pengertian Rabo Pon, dilansir berbagai sumber.

Rabu Pon merupakan istilah dalam penanggalan Jawa yang merujuk pada satu dari lima sistem penanggalan yang digunakan dalam penanggalan Jawa.

President Joko Widodo (Instagram/@Jokowi)

Photo :
  • VIVA.co.id/Arianti Widya

Sistem penanggalan Jawa memiliki lima hari pasaran, yaitu Legi, Pahing, Pon, Wage, dan Kliwon. Setiap hari pasaran memiliki keunikan dan dipercaya memiliki pengaruh tertentu dalam kehidupan sehari-hari.

Rabu Pon, misalnya, dianggap sebagai hari yang baik untuk melaksanakan berbagai aktivitas seperti pernikahan, memulai usaha baru, atau aktivitas lain yang dianggap memberikan keberuntungan. Dalam konteks kepercayaan Jawa, Rabu Pon dianggap sebagai hari yang mempunyai energi positif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya