Sosok AHY, Menteri ATR Baru yang Rela Lepas Pangkat Mayor Demi Terjun ke Politik

Ketum Demokrat AHY dilantik jadi Menteri ATR/BPN di Istana Negara.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Farhan

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Istana Negara, Rabu 21 Februari 2024.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Pengukuhan AHY sebagai Menteri ATR/BPN ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 34 P Tahun 2024 tentang Pemberhentian Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju sisa jabatan Periode tahun 2019-2024 yang ditandatangani Jokowi pada 20 Februari 2024.

Sebelum terjun ke dunia politik mengikuti jejak sang ayah, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), AHY merupakan seorang prajurit TNI Angkatan Darat (AD).

Kisah Nyata di Balik Rumah Bagus Pasukan Tengkorak dan Hadiah 5 Miliar dari Jenderal TNI Maruli

Hadi Tjahjanto dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi dilantik sebagai menteri

Photo :
  • Youtube Setpres

Karier AHY di TNI dimulai saat laki-laki kelahiran Bandung, 10 Agustus 1978 itu menjadi lulusan terbaik Akademi Militer (Akmil) pada Desember 2000 dan mendapat penghargaan Adhi Makayasa.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Setelah lulus, AHY mengikuti Sekolah Dasar Kecabangan Infanteri dan Kursus Combat Intel pada tahun 2001. Ia kemudian bergabung dengan Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad).

Pada tahun 2002, AHY yang merupakan perwira Brigif Linud 17 Kostrad, ditunjuk sebagai Komandan Peleton di Batalyon Infanteri Lintas Udara 305/Tengkorak yang ditugaskan dalam Operasi Pemulihan Keamanan di Aceh.

Setelah itu, pada November 2006, AHY diminta mengemban tugas sebagai perwira seksi operasi kontingen Garuda XXIII-A dalam menjaga perdamaian di sepanjang perbatasan Israel dan Lebanon Selatan. Saat itu Israel dan Hizbullah terlibat dalam perang selama 34 hari.

Kontingen ini merupakan kontingen pertama Indonesia yang dikirim untuk misi perdamaian PBB di Lebanon (UNIFIL).

Semasa penugasannya, AHY menginisiasi program mobil pintar sebagai salah satu sarana mengurangi dampak trauma perang untuk anak-anak. Atas inisiatif ini, AHY dianugerahi Army Service Distinction Medal dari pimpinan Angkatan Bersenjata Lebanon.

Presiden Jokowi bertemu Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Photo :
  • Instagram @agusyudhoyono

Seiring dengan bertambahnya pengalaman lapangan, AHY mendapat promosi sebagai Komandan Kompi (Danki) di Yonif Linud 305/Tengkorak pada tahun 2007.

Sukses di dunia militer nampaknya belum membuat suami dari Annisa Larasati Pohan ini puas. Setelah 16 tahun berkarier di TNI AD dengan pangkat terakhir Mayor, AHY akhirnya memutuskan untuk terjun ke dunia politik mengikuti jejak sang ayah.

AHY memulai karier politiknya sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta pada pemilihan umum Gubernur DKI Jakarta 2017. Saat itu ia menggandeng Sylviana Murni sebagai wakilnya.

Agus-Silvi menantang pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot) dan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno (Anies-Sandi). Apes, AHY gagal dalam pemilihan tersebut.

Pada 15 Maret 2020, AHY terpilih menjadi Ketua Umum PArtai Demokrat periode 2020-2025. Kepemimpinan AHY sempat diuji oleh aksi pembegalan partai yang dilakukan KSP Moeldoko yang dikenal dengan Gerakan Pengambilalihan Kepemimpinan Partai Demokrat (GPKPD).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya