5 Ustaz yang Pernah Ditolak GP Ansor, Ada yang Dituding HTI dan Wahabi

Penceramah, Ustaz Syafiq Basalamah
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Penolakan GP Ansor terhadap pengajian yang akan dihadiri Ustaz Syafiq Basalamah di Masjid Assalam, Surabaya pada Kamis, 22 Februari 2024 kemarin menambah daftar panjang nama sejumlah tokoh agama Islam yang ditolak saat hendak mengisi kajian.

Top Trending: Rumah Mewah Mantan Panglima TNI Hingga Habib Bahar Gombalin Pelayan Restoran

Sebelumnya, sederet nama tokoh agama Islam terkenal lainnya sempat mendapatkan penolakan serupa seperti yang dialami Syafiq Basalamah. Bahkan, ada yang sampai diancam untuk dibunuh.

Berikut daftar 5 tokoh agama Islam yang sempat mendapat penolakan saat hendak ceramah, dilansir dari berbagai sumber, Jumat, 23 Februari 2024.

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045

1. Hanan Attaki

Hanan Attaki

Photo :
  • YouTube
Terpopuler: Tips Padu Padan Shimmer Dress, hingga Waspadai Infeksi Saluran Kemih Mengintai Wanita

Pendakwah muda asal Aceh ini pernah mendapat penolakan untuk menggelar kajian di Masjid Al Muttaqin, Desa Ladan, Kecamatan Pamekasan, Madura pada Minggu, 12 Februari 2023 lalu. Penolakan tersebut bukan kali pertama yang dialami Hanan Attaki. Sebelumnya ia juga ditolak oleh LTM PCNU saat hendak mengisi pengajian di Gresik, Jawa Timur pada Selasa, 19 Juli 2022 silam. Kemudian, pada 2019, Hanan Attaki juga sempat ditolak untuk mengisi kajian di Tegal, Jawa Tengah.

Deretan penolakan terhadap Hanan ini bukan tanpa alasan, Sejumlah masyarakat kerap mengaitkan Hanan dengan organisasi terlarang di Indonesia yakni HTI, hingga dituding bermazhab wahabi. Namun, tudingan itu terbantahkan saat ustaz muda tersebut dibaiat menjadi warga Nahdlatul Ulama (NU) di Malang pada Jumat, 12 Mei 2023 lalu.

Ustaz Khalid Basalamah.

Photo :
  • Youtube

Sama seperti Syafiq Basalamah, Ustaz Khalid Basalamah juga sempat mendapat penolakan ketika berencana berceramah di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat pada Maret 2023.

Saat itu, Khalid ditentang oleh Banser NU Jawa Barat. Mereka menilai ceramah yang disampaikan Khalid sering bertentangan dengan Pancasila dan condong pada paham Wahabi.

Ustaz Felix Siauw

Photo :
  • YouTube

Felix Siauw juga merupakan salah satu penceramah yang sempat mendapat penolakan. Salah satunya saat hendak mengisi kajian di Bangil, Pasuruan, Jawa Timur pada Sabtu, 4 November 2017. GP Ansor dan Banser kompak menolak dengan tegas kehadiran Felix Siauw di Masjid Manarul Islam, Bangil. Penolakan tersebut lantaran, Felix diduga anggota HTI yang menawarkan konsep khilafah dan menolak Pancasila.

Pendakwah, Penceramah, Ulama Ustaz Abdul Somad

Photo :
  • YouTube Cerita Untungs

Ulama ternama Tanah Air, Ustaz Abdul Somad merupakan tokoh yang bisa dibilang sudah kenyang mendapat penolakan di beberapa tempat. Salah satunya saat beliau ditolak oleh GP Ansor ketika hendak melakukan ceramah di Pondok Pesantren Al Husna Mayong, Jepara pada Sabtu, 1 September 2018 silam.

GP Ansor menuding, kedatangan UAS ke masjid tersebut ditunggangi oleh agenda eks anggota HTI yang merupakan organisasi terlarang.

5. Syafiq Basalamah

Penceramah, Ustaz Syafiq Basalamah

Photo :
  • YouTube

Terbaru, Syafiq Basalamah mendapat penolakan dari GP Ansor ketika hendak mengisi ceramah di Masjid Assalam, Surabaya.  Melalui surat nomor 013 PAC-X1-01-19/SR-02/2024 yang dikeluarkan GP Ansor, mereka merasa keberatan lantaran ceramah yang disampaikan Syafiq dinilai provokatif dan sering mengadu domba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya