Maladewa Dibayangi Ancaman Krisis Ekonomi Imbas Perangkap Utang China

Foto udara ibu kota Maladewa, Male, 9 Deseber 2009
Sumber :
  • ANTARA FOTO/REUTERS/Reinhard Krause/File photo/File Photo/File Photo/AWW/djo

Maladewa – Kenaikan kekuasaan Presiden Maladewa yang baru terpilih, Mohammad Muizzu, telah menimbulkan disorientasi kepentingan dan salah menilai prioritas.  

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

Dengan mengandalkan kampanye pemilunya pada gerakan ‘India Out’, tidak hanya Kongres Nasional Rakyat (PNC) namun juga kandidat terdepan dari partai tersebut, Muizzu, yang mengalami lebih banyak masalah dibandingkan rekan-rekan mereka sebelumnya.  

Dilansir Thehongkongpost, Jumat 23 Februari 2024, dari retorika anti-India yang terus-menerus ditambah dengan memburuknya tingkat lapangan kerja dan gejolak ekonomi, dispensasi politik tampaknya sedang sibuk menangani krisis demi krisis.  

Ini Dia Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Bisa Angkut 235 Orang Sekaligus

Penanganan krisis ini juga tercermin dari fakta bahwa Presiden sendiri pernah menyatakan bahwa tidak ada proyek pembangunan baru yang akan dimulai karena beban ekonomi yang membebani perekonomian dalam negeri.  

Selain itu, gambaran kekerasan yang terjadi di Parlemen negara tersebut selama sidang telah semakin merusak citra Maladewa secara global. Namun, permulaan resesi ekonomi tampaknya merupakan krisis yang mungkin tidak dipersiapkan oleh partai Presiden Muizzu.
 
Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, seorang diplomat terkemuka AS yang ditempatkan di Asia Selatan mengungkapkan bahwa Washington sedang mengejar Maladewa untuk memungkinkan investasi dari India dan AS untuk bersama-sama mengambil alih perekonomian Maladewa.  

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Badai salju di Capitol Hill, Washington DC, AS

Photo :
  • AP Photo/Mariam Zuhaib

Alasan utama Washington memilih Male adalah untuk mencegah Maladewa menghadapi situasi serupa seperti negara-negara Asia Selatan lainnya yang harus mengalami kesulitan ekonomi yang parah mengingat besarnya utang Tiongkok dan bentuk pendanaan lain yang telah mereka lakukan.  

Fakta bahwa India dan AS bersedia menjajaki kemungkinan menarik Maladewa keluar dari resesi ekonomi yang akan datang menunjukkan betapa buruknya situasi di negara kepulauan tersebut.  

Namun yang lebih mengejutkan adalah kurangnya pengakuan dari pemerintah Maladewa saat ini, fakta bahwa mereka memilih untuk terus memihak Beijing menunjukkan besarnya pengaruh Tiongkok terhadap partai politik yang berkuasa saat ini.

Pada tahun 2020 saja, pemerintah Maladewa menerima pinjaman sebesar USD 196 juta, hibah sebesar USD 29 juta, dan bantuan IMF sebesar USD 56 juta.  

Selain itu, pada tahun 2023, IMF telah mengeluarkan peringatan kepada pemerintah di Maladewa, dengan mengkategorikannya sebagai negara yang berisiko tinggi mengalami kesulitan utang karena semakin dekatnya kedekatannya dengan Tiongkok.  

Namun hal ini tidak menghalangi Male untuk mencari pendanaan lebih lanjut dari Beijing, yang jelas-jelas diprioritaskan selama kunjungan Presiden Muizzu ke Tiongkok awal tahun ini.  

Bendera Merah-Putih berkibar di Istana Kota Terlarang dan Lapangan Tiananmen, Beijing.

Photo :
  • ANTARA/M. Irfan Ilmie.

Selama kunjungan tersebut, sekitar 20 perjanjian ditandatangani termasuk pengumuman peningkatan hubungan bilateral menjadi Kemitraan Koperasi Strategis Komprehensif.

Di antara perjanjian-perjanjian tersebut, kesepakatan untuk meningkatkan penyelesaian proyek-proyek di bawah BRI dan proyek-proyek pembangunan lainnya juga ditandatangani yang menunjukkan reorientasi Maladewa dari New Delhi ke Beijing.  

Namun, dengan mencari partisipasi wisatawan yang lebih besar dari Tiongkok, Male tidak hanya bermain-main dengan Tiongkok, namun juga terjerumus ke dalam perangkap utang yang sama seperti yang dihadapi negara-negara lain di Asia Selatan selama lebih dari beberapa dekade.

Hal ini juga terlihat dari peringatan tekanan utang yang dikeluarkan oleh organisasi-organisasi internasional terkemuka terhadap lonjakan pinjaman Maladewa dari Tiongkok.  

Perekonomian Maladewa sangat tertekan dengan utang luar negeri yang berjumlah hingga USD 4,038 miliar dan angka serupa juga membayangi utang dalam negerinya.  

Dari angka-angka tersebut, jumlah utang Beijing mencapai USD 1,3 miliar, yang merupakan sekitar 30 persen dari total utang luar negeri Maladewa saat ini.  

Selain itu, Bank Pembangunan Tiongkok, Bank Industri dan Komersial Tiongkok, dan Bank Ekspor-Impor Tiongkok memiliki lebih dari 60 persen utang negara Maladewa berdasarkan beberapa penelitian terbaru yang dilakukan untuk menilai kondisi ekonomi Male.  

Namun tren ini juga lazim terjadi pada masa jabatan mantan presiden Abdulla Yameen, ketika pemerintah meminjam banyak uang dari Tiongkok untuk proyek-proyek pembangunan yang pada akhirnya menyebabkan kesulitan ekonomi, menyebabkan Maladewa memiliki 42% dari lebih dari $3 miliar utang luar negerinya ke Tiongkok hingga saat ini.  

2021, sesuai angka resmi dari Bank Dunia.  Angka-angka ini tidak hanya menunjukkan krisis ekonomi yang parah di Maladewa tetapi juga menunjukkan bagaimana meningkatnya kedekatan dengan Beijing pada akhirnya akan merugikan kepentingan warga Maladewa.  

Studi yang dilakukan oleh Bank Dunia juga menunjukkan bahwa total utang Maladewa sangat tinggi, yaitu lebih dari 115% PDB, sehingga menjadikan Maladewa sebagai negara yang berisiko untuk berinvestasi.  

Berbagai faktor ini membuat Maladewa menjadi negara yang kurang menguntungkan semata-mata karena ketergantungannya yang berlebihan pada Beijing.  

Para pemimpin politik di negara ini harus belajar dari pengalaman Pakistan, Sri Lanka dan Bangladesh tentang cara terbaik menghindari bantuan dan pinjaman Tiongkok yang merugikan yang hanya menyebabkan gejolak ekonomi mengingat tingginya tingkat kepentingan yang tersembunyi dalam komitmen tersebut.  

Namun Maladewa masih dapat mencegah situasi seperti di Sri Lanka jika mereka mengarahkan kembali prioritasnya ke arah yang benar. Namun, mengingat keadaan politik saat ini, kecil kemungkinan keputusan Male akan berubah.  

Oleh karena itu, hal ini menjadikan mitra-mitra yang berpikiran sama seperti India dan Amerika Serikat (AS) semakin penting untuk mendukung dan memberikan bantuan yang diperlukan kepada masyarakat Maladewa dalam mempersiapkan mereka dari guncangan ekonomi yang akan menghantam perekonomian negara yang rapuh tersebut.  

Hanya dengan cara inilah New Delhi dan Washington dapat membuktikan perlunya memiliki beragam mitra untuk kerja sama ekonomi yang pada akhirnya membantu pembangunan negara tersebut dan bukan malah mendorongnya ke dalam kesulitan ekonomi.

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya