Profil dan Agama Hercules, Preman Tanah Abang yang Ditantang Duel oleh Para Jawara

Ketua Umum GRIB Hercules Rosario Marshall mendampingi Prabowo-Gibran di KPU RI
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

Jakarta  – Rosario de Marshal atau yang lebih akrab dengan sapaan Hercules tampaknya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Pria dengan wajah sangar itu menjadi sosok yang banyak ditakuti di dunia gangster dan bahkan disebut penguasa Tanah Abang, Jakarta Pusat. 

Prabowo-Erdogan Bahas Potensi Kerja Sama Indonesia-Turki dan Penyelesaian Konflik Palestina

Baru-baru ini, sosoknya menjadi sorotan di media sosial usai mendapatkan tantangan berduel dari para jawara di beberapa daerah di Indonesia. Salah satunya jawara Garut yang bernama Abah. Ia mengajak Hercules untuk duel satu per satu, tapi ia malah kabur naik pesawat. 

Tantangan berduel juga datang dari jagoan lainnya seperti Muslim Yunus hingga dicari oleh anak buah Hercules. Selain itu, seorang jagoan asal Medan yang bernama Ucok Baret juga menantang Hercules dan mengaku sudah berada di Jakarta. Nah, berikut sosok Hercules selengkapnya. 

Prabowo Terima Ucapan Selamat dari Erdogan: Anda akan Bawa Manfaat untuk Dunia Islam

Profil Hercules

Panglima Madas dan Hercules

Photo :
  • Istimewa
Viral Seorang Pejabat Terekam Sedang Duel dengan Macan, Hal Ini yang Terjadi

Melansir dari berbagai sumber, Hercules adalah seorang gangster dan broker politik asal Indonesia yang berasal dari Timor Timur. Pria bernama langkep Rosario de Marshall itu adalah kelahiran tanggal 27 Mei 1968 sehingga usianya saat ini adalah 55 tahun. 

Hercules sendiri merupakan seorang portir untuk TNI-AD pada masa integrasi Timor-Timur. Ketika hijrah ke Jakarta, ia mendirikan kelompok preman di kawasan Tanah Abang dan mengatur dunia di bawah tanah kejahatan Jakarta pada tahun 1990-an. 

Ketika itu, Hercules masih menyandang status sebagai gangster terdepan, terkadang muncul dalam acara TV serta majalan tabloid. Ia juga diketahui karena hubungan politiknya dengan para capres pada tahun 2014 dan 2019, yaitu Prabowo Subianto. 

Kehidupan Masa Kecil dan Remaja

Ketua Umum GRIB Hercules Rosario Marshall mendampingi Prabowo-Gibran di KPU RI

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito

Hercules kehilangan satu tangannya ketika berusia 12 tahun. Kehilangan tangan ini terjadi usai serangan di Ainaro pada tahun 1978 yang juga menewaskan orang tuanya. Lalu, Zacky Anwar Makarim merekrutnya sebagai Tenaga Bantuan Operasional (TBO). 

Zacky kemudian membawanya ke Jakarta bersama sepuluh pemuda Timor Timur lainnya untuk tinggal bersama. Pada saat itu, Hercules masih aktif dalam organisasi masyarakat keagamaan yang mana dia senang membantu santunan yatim piatu. 

Dukungan Hercules ke Prabowo Subianto

Hercules Sambangi PN Bandung, Jawa Barat

Photo :
  • Adi Suparman (Bandung)

Hercules secara terang-terangan menyatakan dukungannya terhadap Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024. Bukan tanpa alasan, rupanya dia dan Prabowo memiliki cerita di masa lalu. Kenangan yang tidak pernah terlupakan dan bahkan berutang nyawa ke Prabowo Subianto. 

Karena itu, ia sangat menghormati Prabowo Subianto dan akan terus mendukungnya sampai kapan pun. Ia mengaku akan total memperjuangkan Prabowo untuk memenangkan Pilpres 2024. Ia juga memiliki ikatan kuat dengan Gerindra yang dipimpin Prabowo. 

Pria kelahiran Ainaro, Timor Timur, ini akan tetap memberikan dukungan terhadap Prabowo kapan pun. Bahkan, dalam acara perayaan ulang tahun Hercules, sempat hadir mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria beberapa waktu lalu. 

Agama Hercules

Hercules Rosario Marshall usai memenuhi panggilan KPK

Photo :
  • VIVA/Edwin Firdaus

Setelah sering berurusan dengan pihak berwajib sampai keluar masuk penjara, Hercules akhirnya memilih untuk bertaubat dan mualaf pada 2010. Sang istri Nia Dania menceritakan proses bagaimana Hercules masuk Islam dan menjadi seorang mualaf. 

Hercules sering menemani para ulama Indonesia, seperti ketika mencium tangan Habib Luthfi yang sempat viral pada 2021. Ia juga sempat membagikan momen kedekatannya dengan Ustaz Abdul Somad (UAS) di Masjid Nabawi pada 2023 lalu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya