Terungkap 6 Rahasia Rumah Belanda Tetap Dingin Meski Tanpa AC

Rumah Belanda yang tetap kokoh hingga kini
Sumber :
  • Alindra Arsitek

JakartaRumah Belanda atau rumah kolonial memang dikenal dengan kekokohannya dan kekuatan bangunan tersebut. Selain itu rumah kolonial juga identik dengan suasananya yang dingin atau sejuk sehingga membuat siapa saja betah berlama-lama tinggal.

Gegara Bocah Main Petasan, Kap Mesin Mobil BMW X1 Terbakar

Belakangan diketahui, desainnya yang berbeda dari kebanyakan rumah-rumah masa kini merupakan sebab kenapa rumah Belanda memiliki suhu ruangan yang lebih sejuk meski tanpa air conditioner (AC).

Berkaitan dengan hal tersebut, VIVA telah merangkum dari sejumlah sumber alasan mengapa rumah Belanda bisa memiliki suhu ruangan lebih sejuk dibandingkan rumah modern.

KSAD: Proses Ganti Rugi Pascaledakan Gudang Amunisi sedang Berlangsung

1. Menggunakan dinding yang tebal

Respons PT SMF soal Janji Prabowo Bangun 3 Juta Rumah per Tahun

Mayoritas bangunan-bangunan Belanda dibangun menggunakan batu bata dengan susunan berlapis, sehingga tercipta tembok atau dinding yang tebal.

Selain membuat bangunan semakin kokoh, dinding tebal juga memiliki fungsi penahan panas matahari. Dinding tebal diyakini dapat lebih optimal menghalau panas matahari masuk ke dalam rumah dibandingkan dinding satu lapis atau kayu.

2. Atap berbentuk perisai

Berikutnya, penggunaan atap berbentuk perisai yang diadaptasi dari bentuk rumah tradisional Jawa juga diyakini sebagai salah satu alasan mengapa rumah Belanda tetap dingin.

Hal ini dikarenakan bentuk perisai pada atap dapat memberi ruang yang cukup antara atap dan plafon, sehingga ruangan di bawahnya tidak terkena panas.

Rumah Belanda atau Rumah Kolonial

Photo :
  • Rumah123

3. Langit-langit yang tinggi

Faktor lainnya yang menyebabkan rumah Belanda tetap dingin adalah langit-langit yang tinggi. Desain langit-langit yang dibuat tinggi bertujuan agar udara mampu meredam panas dari atap.

Sehingga kondisi di bawah tetap sejuk, selain itu langit-langit yang tinggi juga membuat rumah terasa lebih luas.

4. Menggunakan jenis lantai teraso

Lantai teraso adalah salah satu jenis lantai yang bisa diaplikasikan pada berbagai jenis bangunan umumnya di bangunan Belanda. Lantai jenis ini mempunyai keunggulan menyerap panas dan lebih memberikan hawa dingin di dalam rumah.

Selain itu, ada keunggulan lain dari lantai teraso, yakni: mempunyai banyak corak, mudah dirawat, lebih awet, tahan berat, tidak licin dan anti gores.

Istana Kepresidenan Cipanas

Photo :
  • Pnterest

5. Teras yang luas

Umumnya, rumah peninggalan Belanda selalu memiliki teras yang luas dan lebar yang dapat digunakan untuk bersantai. Selain itu, memiliki teras yang luas juga menambah kesan mewah pada bangunan.

Keberadaan teras di rumah juga bisa menjadi area sirkulasi udara agar rumah terasa lebih sejuk dan menghalau panas matahari langsung masuk ke rumah.

6. Sirkulasi udara baik

Alasan terakhir mengapa rumah belanda tetap adem karena dilengkapi sirkulasi udara yang baik. Hampir semua rumah peninggalan Belanda selalu dilengkapi banyak jendela yang berukuran besar. Alhasil, udara akan bergerak bebas keluar masuk ke dalam rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya