Viral Pengamen Pendidikannya S2, Rela Gak Kerja Demi Urus Ayah Sakit

Kisah pria pilih jadi pengamen padahal S2 karena urus ayah yang sakit
Sumber :
  • Instagram @hotmanparisofficial

VIVA – Siapa sangka jika pengamen jalanan memiliki bakat menyanyi sekelas penyanyi profesional, dan tak sedikit di antaranya memiliki latar belakang pendidikan tinggi. Salah satu contoh yang viral di media sosial adalah Basilica, seorang pengamen lulusan S1 dan mahasiswa S2 yang harus berhenti kuliah. 

Apakah Sekolah Masih Penting? Apakah Generasi Muda Harus Memiliki Cita-Cita?

Hal itu diketahui melalui unggahan video yang diunggah di akun Instagram pengacara kondang Hotman Paris @hotmanparisofficial. Dalam video tersebut, dibagikan latar belakang dan alasan Basilica memilih untuk menjadi pengamen dan tak meneruskan pendidikan S2-nya. 

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Dalam video tersebut, Basilica yang ditemui di Bekasi mengaku pernah bekerja sebagai karyawan swasta dan memutuskan untuk menjadi pengamen serta mencari penghasilan alternatif setelah kena PHK pada tahun 2020. 

“Sebelumnya bekerja, tidak bekerja lagi sejak 2020, ngisi waktu ngamen sekalian nyari penghasilan,” ungkapnya yang dikutip dari Instagram @hotmanparisofficial pada Selasa, 5 Maret 2024. 

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

Kisah pria pilih jadi pengamen padahal S2 karena urus ayah yang sakit

Photo :
  • Instagram @hotmanparisofficial

Basilica tidak hanya memiliki pengalaman kerja, tetapi juga sedang menempuh pendidikan S2 Magister Manajemen Keuangan, meskipun belum lulus. Sebelumnya, ia telah meraih gelar S1 dengan jurusan Ekonomi Manajemen.

“(pendidikan terakhir) S2 tapi belum lulus,” kata Basilica.

Ketika ditanyai tentang alasan berhenti bekerja, Basilica menyebutkan bahwa setelah di-PHK, ia masih ingin bekerja di perusahaan lain, tetapi prioritas utamanya adalah menjaga ayahnya yang sedang sakit

“Pengennya sih (kerja) cuma harus jagain Bapak,” jelasnya. 

Meski memiliki suara merdu, Basilica tidak pernah mempertimbangkan melamar pekerjaan sebagai penyanyi di kafe atau restoran. Ia lebih memilih untuk fokus pada tugas menjaga ayahnya yang membutuhkan perhatian penuh.

"Saya lebih fokus ngurus bapak aja," tuturnya.

Meskipun memiliki ambisi untuk kembali bekerja dan menyanyi di tempat lain, Basilica saat ini lebih memilih fokus pada tanggung jawabnya sebagai anak untuk merawat ayahnya yang sedang sakit. 

Hotman Paris yang mengunggah video tersebut pun mengajak  Basilica untuk belajar berbisnis karena menurutnya sebuah gelar pendidikan bukanlah jaminan dari masa depan.  

“Ayok belajar berbisnis! Gelar bukan jaminan masa depanmu,” tulis Hotman Paris.

Komentar Netizen

“Bukti nyari kerjaan susah meskipun lulusan apapun, karena syarat2 di negri ini yg di luar nalar, selain umur yg jadi batasan, perusahaan juga memandang fisik.”

“org yg mengrus ortu nya yg sedang skt apalgi dy mengorbankan cita2 ny insyaAllah tuhan akan menggantikn nnti skrg om nya lg d uji smngt ya om biar dpt pahala untk om ny yg sbr ikhlas ngrus ortu ny.”

“Semangat mas..semoga jadi orang yg beruntung di dunia dan akhirat..semoga ayahnya lekas sembuh..Gusti Allah memberkati mas dan family…sending you big hugs.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya