Potensi Risiko Keamanan Nasional, AS Akan Selidiki Mobil Pintar Buatan Tiongkok

Ilustrasi gambar interior mobil listrik Sedan buatan China
Sumber :
  • Electrek

VIVA – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyebut Tiongkok diduga bertekad untuk mendominasi masa depan pasar otomotif, termasuk dengan menggunakan praktik tidak adil.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Mengutip potensi risiko keamanan nasional, pemerintahan Biden mengatakan akan menyelidiki “mobil pintar” buatan Tiongkok yang dapat mengumpulkan informasi sensitif tentang orang Amerika yang mengendarainya.

Penyelidikan ini dapat mengarah pada peraturan baru yang bertujuan untuk mencegah Tiongkok menggunakan teknologi canggih pada kendaraan listrik dan kendaraan terhubung lainnya untuk melacak pengemudi dan informasi pribadi mereka. 

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Dilansir Fast Company, Selasa 5 Maret 2024, para pejabat khawatir bahwa fitur-fitur, seperti teknologi bantuan pengemudi, dapat digunakan untuk memata-matai orang Amerika secara efektif.

Meskipun tindakan tersebut tidak mencakup larangan impor dari Tiongkok, Presiden Joe Biden mengatakan dia mengambil langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk melindungi data orang Amerika.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

“Tiongkok bertekad untuk mendominasi masa depan pasar otomotif, termasuk dengan menggunakan praktik tidak adil,” kata Biden dalam pernyataannya.

VIVA Militer: Presiden Amerika Serikat, Joe Biden

Photo :
  • ktvz.com

“Kebijakan Tiongkok dapat membanjiri pasar kita dengan kendaraannya, sehingga menimbulkan risiko terhadap keamanan nasional kita. Saya tidak akan membiarkan hal itu terjadi di jam tangan saya.” tegas Biden.

Penyelidikan ini adalah tindakan terbaru pemerintahan Biden untuk mencegah apa yang dilihat para pejabat sebagai meningkatnya ancaman serangan siber Tiongkok. 

Biden menandatangani perintah eksekutif minggu ini yang bertujuan untuk melindungi data pribadi warga Amerika, seperti catatan kesehatan dan keuangan, dari musuh asing seperti Tiongkok dan Rusia.

Biden dan pejabat lainnya mencatat bahwa Tiongkok telah memberlakukan pembatasan luas terhadap mobil Amerika dan kendaraan asing lainnya.

Sementara Menteri Perdagangan AS, Gina Raimondo mengatakan mobil yang terhubung “seperti ponsel pintar di atas roda” dan menimbulkan risiko keamanan nasional yang serius.

“Kendaraan ini terhubung ke internet. Mereka mengumpulkan sejumlah besar data sensitif tentang pengemudi—informasi pribadi, informasi biometrik, ke mana mobil itu pergi,” katanya kepada wartawan.

Ilustrasi Bluetooth / audio mobil / head unit

Photo :
  • Dok: Wuling Motors

“Jadi tidak perlu banyak imajinasi untuk mengetahui bagaimana musuh asing seperti Tiongkok, yang memiliki akses terhadap informasi semacam ini dalam skala besar, dapat menimbulkan risiko serius terhadap keamanan nasional dan privasi warga AS,” ujarnya.

Pengumpulan data bukan satu-satunya kekhawatiran, katanya dan pejabat lainnya. Kendaraan yang terhubung juga dapat diaktifkan atau dimanipulasi dari jarak jauh oleh pelaku kejahatan.

Lebih lanjut, Raimondo meminta semua pihak untuk membayangkan jika ada ribuan atau ratusan ribu kendaraan yang terhubung dengan Tiongkok di jalan-jalan Amerika dapat dinonaktifkan secara langsung dan bersamaan oleh seseorang di Beijing.

“Jadi menakutkan untuk memikirkan risiko dunia maya, risiko spionase yang ditimbulkannya.” Ungkapnya.

Menanggapi AS, Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Mao Ning mengatakan bahwa perintah Biden yang membatasi akses terhadap data pribadi orang Amerika, telah “melampaui konsep keamanan nasional.” 

Mao Ning menyebut tindakan Biden adalah praktik diskriminatif yang jelas-jelas ditujukan pada negara-negara tertentu.

Saat ini hanya sedikit mobil Tiongkok yang diimpor ke Amerika Serikat, hal ini sebagian disebabkan oleh tingginya tarif yang dikenakan AS terhadap kendaraan yang diimpor dari Tiongkok. 

Namun, para pejabat khawatir tarif tidak cukup untuk mengatasi masalah ini. Beberapa perusahaan Tiongkok berupaya menghindari tarif AS dengan mendirikan pabrik perakitan di negara-negara terdekat seperti Meksiko.

Departemen Perdagangan AS sendiri telah mengeluarkan pemberitahuan mengenai usulan pembuatan peraturan yang akan meluncurkan penyelidikan terhadap risiko keamanan nasional yang ditimbulkan oleh “kendaraan yang terhubung” dari Tiongkok dan negara-negara lain yang dianggap bermusuhan dengan Amerika Serikat.

Perdagangan akan mencari informasi dari industri otomotif dan masyarakat mengenai sifat risiko dan langkah-langkah potensial untuk memitigasinya, kata Gedung Putih. 

Para pejabat kemudian akan mengembangkan peraturan potensial untuk mengatur penggunaan teknologi pada kendaraan dari Tiongkok dan “negara-negara yang menjadi perhatian” lainnya, termasuk Rusia dan Iran.

Raimondo menyebut pemerintahan AS melakukannya sekarang, sebelum kendaraan buatan Tiongkok tersebar luas di Amerika Serikat dan berpotensi mengancam privasi dan keamanan nasional.

Investigasi tersebut merupakan tindakan pertama yang diambil oleh Biro Industri dan Keamanan Departemen Perdagangan berdasarkan perintah eksekutif yang dikeluarkan Biden untuk melindungi teknologi informasi dan komunikasi dalam negeri dari ancaman keamanan nasional.

Kendaraan listrik dan mobil lain semakin bergantung pada teknologi canggih untuk mengaktifkan alat navigasi, menyediakan fitur bantuan pengemudi, dan mengurangi biaya operasional dan emisi karbon melalui pengisian cepat.

Mobil-mobil tersebut terus-menerus terhubung dengan perangkat pribadi, mobil lain, infrastruktur AS, dan pabrikan aslinya, sehingga menimbulkan risiko keamanan nasional.

Kerentanan dan ancaman baru “dapat muncul pada mobil yang terhubung jika pemerintah asing memperoleh akses ke sistem atau data kendaraan tersebut.

Tarif tinggi yang diberlakukan oleh pemerintahan Trump dan dilanjutkan oleh Biden telah secara efektif menghalangi produsen mobil Tiongkok untuk memasuki pasar AS, namun para pejabat dan pemimpin industri AS khawatir bahwa perusahaan-perusahaan Tiongkok mungkin memilih untuk menanggung biaya tambahan karena Tiongkok lebih bersandar pada ekspor.

Produsen mobil Tiongkok ingin membangun lebih banyak kendaraan di luar negeri, dengan raksasa kendaraan listrik BYD mengumumkan rencana tahun lalu untuk pabrik pertamanya di Eropa.

CEO Ford Jim Farley mengatakan perusahaannya dan perusahaan lain akan kesulitan bersaing dalam bidang kendaraan listrik dengan produsen mobil Tiongkok, yang sebelumnya tidak memiliki pangsa pasar kendaraan listrik di Eropa dua tahun lalu menjadi sekitar 10% saat ini.

Aliansi untuk Inovasi Otomotif, yang mewakili Ford, General Motors, Toyota, dan produsen mobil besar lainnya, menyatakan mendukung tujuan Biden untuk melindungi keselamatan masyarakat yang bepergian.

Dalam sebuah pernyataan, kelompok tersebut mendesak Departemen Perdagangan untuk bekerja sama dengan industri otomotif untuk menentukan ruang lingkup tindakan apa pun sehingga menargetkan transaksi yang menimbulkan risiko yang tidak semestinya terhadap perekonomian AS dan keamanan nasional.

Pada saat yang sama, regulator AS tidak boleh menghalangi “transaksi berisiko rendah” yang memajukan “teknologi keselamatan yang penting bagi kendaraan di jalan saat ini,” kata kelompok tersebut, seraya memperingatkan bahwa tindakan tersebut “dapat menimbulkan dampak jangka pendek yang tidak diinginkan.”

Alliance for American Manufacturing, kelompok industri lainnya, mengatakan mereka setuju bahwa “keamanan data kendaraan yang terhubung merupakan masalah penting bagi keamanan nasional, terutama ketika diproduksi oleh perusahaan yang berbasis di Tiongkok.”

Kelompok tersebut berharap penyelidikan “secepatnya mengarah pada tindakan tegas,” kata Scott Paul, presiden kelompok tersebut. “Kami juga percaya bahwa masih banyak yang perlu dilakukan untuk membendung ancaman otomotif Tiongkok terhadap keamanan nasional dan ekonomi kita,” termasuk tarif yang lebih tinggi dan pembatasan kredit pajak kendaraan listrik.

Uni Eropa, yang prihatin dengan meningkatnya impor dari Tiongkok, membuka penyelidikan perdagangan tahun lalu terhadap subsidi Tiongkok untuk kendaraan listrik. Investigasi sedang berlangsung.

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya