Ada 8 Jenderal Bintang Lima di Dunia, 3 di Antaranya dari Indonesia

VIVA Militer: Jenderal Besar Douglas MacArthur
Sumber :
  • History.com

Jakarta - Pangkat militer tertinggi biasanya mencapai Jenderal Bintang empat. Namun ada beberapa orang saja yang mampu meraih Jenderal Bintang lima di dunia.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Diantara beberapa peraih Jenderal Bintang lima, Indonesia menyumbangkan tiga nama peraih pangkat tersebut. Berikut beberapa peraih Jenderal Bintang lima, dilansir berbagai sumber:

1. Jenderal Soedirman

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

VIVA Militer: Panglima Besar Jenderal Soedirman di Jakarta pada 1946

Photo :
  • Indonesia Press Photo Service

Jenderal Besar Soedirman lahir di Bodas Karangjati, Rembang, Purbalingga, pada 24 Januari 1916. Dia merupakan salah satu tokoh besar yang ikut berjuang dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Meski tak melalui pendidikan militer formal, Soedirman kemudian dipromosikan menjadi jenderal karena prestasinya.

Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

Selama Agresi Militer Belanda, Soedirman tetap bertempur walaupun kondisinya sakit parah. Salah satu tokoh militer besar di Indonesia ini meninggal dunia pada 29 Januari 1950 setelah penyakit TBC yang dideritanya semakin parah. Ia ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional pada 1964 dan meraih pangkat jenderal besar pada 30 September 1997.

2. Jenderal Abdul Haris Nasution

VIVA Militer: Jenderal Abdul Haris Nasution

Photo :

Jenderal Besar AH Nasution lahir di Desa Hutapungkut, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara pada 3 Desember 1918. Nasution memiliki peran penting dalam perjalanan sejarah militer Indonesia, terutama dalam mencanangkan taktik gerilya selama Agresi Militer Belanda I.

Bukan hanya itu, ia juga menjadi satu-satunya jenderal yang berhasil selamat dari peristiwa G30S PKI. Dalam peringatan HUT ABRI tahun 1997, Nasution diberi pangkat kehormatan sebagai jenderal besar, seperti Jenderal Soedirman.

3. Jenderal Soeharto

Mantan Presiden Soeharto

Photo :
  • vstory

Jenderal Besar Soeharto, mantan Presiden Indonesia yang lahir pada 8 Juni 1921 di Bantul, DIY. Karier militernya dimulai dari pangkat sersan dan akhirnya menjabat sebagai Panglima Korra I Cadangan Umum Angkatan Darat (Caduad). Soeharto terlibat dalam serangan 1 Maret 1949 dan berperan penting dalam pembubaran PKI di Indonesia.

Dia menduduki jabatan sebagai Presiden Indonesia selama 32 tahun sampai akhirnya mundur pada 21 Mei 1998 karena maraknya demonstrasi yang diwarnai kericuhan. Ia kemudian mendapat anugerah jenderal bintang lima menjelang HUT Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) ke-52 tanggal 5 Oktober 1997.

4. Jenderal Dwight David Eisenhower

VIVA Militer: Jenderal Besar Dwight David Eisenhower

Photo :
  • Youtube

Dwight David Eisenhower merupakan salah satu perah Jenderal Bintang lima asal Amerika Serikat. Ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat pada tahun 1946.

Selain memiliki pangkat Jenderal Bintang lima, Dwight David Eisenhower merupakan Presiden Amerika Serikat ke 34. Ia meninggal dunia pada 28 Maret 1969.

5. Jenderal Omar Nelson Bradley

Omar Nelson Bradley merupakan seorang panglima AS pada tahun 1945. Tepat pada tahun 1948, dia ditunjuk sebagai Kepala Staf Angkatan Darat dan memimpin Perang Dunia 11 di Korea.

Omar Nelson Bradley mendapatkan penghargaan Jenderal Bintang lima tahun 1950 serta menjabat sebagai Komite NATTO. Ia meninggal dunia pada tahun 1981.

6. Jenderal Douglas MacArthur

Jenderal Douglas MacArthur

Photo :
  • www.dayasriojd.top

Douglas MacArthur salah satu perwira tinggi asal Amerika Serikat dan berhasil meraih pangkat Jenderal Bintang lima. Selain itu juga, ia memimpin pasukan saat perang Dunia II di Korea yang membuat negara tersebut pecah menjadi dua bagian yaitu Korea Selatan dan dan Korea Utara.

Douglas MacArthur lahir pada 26 Januari 1880 di Arkansas, Amerika Serikat dan meninggal dunia pada 5 April 1964 ketika usianya memasuki 84 tahun.

7. Jenderal George Catlett Marshall

George Marshall (kiri)

Photo :
  • Wikimedia Commons / U.S. Department of Energy

George Catlett Marshall merupakan seorang negarawan dan Jenderal Bintang lima. Ia sempat mendapatkan penghargaan Nobel dalam perdamaian pada 1953. Ia juga sempat menjadi Menteri Pertahanan ke 3 pada masa jabatan 1950-1951.

Jenderal George Catlett Marshall lahir pada 31 Desember 1880 dan meninggal dunia pada 16 Oktober tempat umurnya ke 78 di Washington.

8. Jenderal Henry Harley Arnold

Henry Harley Arnold menjadi nama terakhir yang mendapatkan gelar Jenderal Bintang lima. Selain itu juga, ia merupakan pilot militer pertama di dunia yang ikut tempur di Perang Dunia II.

Henry Harley Arnold lahir pada 25 Juni 1886 di Gladwyne, Pennsylvania. Ia meninggal dunia pada 15 Januari 1950 ketika usianya 63 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya