Instagram dan Facebook Down di Seluruh Dunia, Apa Kata Meta?

Ilustrasi WhatsApp, Instagram dan Facebook.
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta – Ribuan pengguna Facebook dan Instagram dibuat pusing pada hari ini karena tidak bisa mengakses kedua platform tersebut malam hari ini, Selasa, 5 Maret 2024.

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

Laporan dari Down Detector menunjukkan bahwa kedua platform media sosial populer ini sedang mengalami gangguan.

Masalah utama yang dihadapi pengguna adalah tidak bisa login ke akun mereka, baik melalui aplikasi maupun website. Beberapa pengguna bahkan mendapatkan pesan "Kesalahan Tidak Dikenal" (Unknown Error) saat mencoba masuk kembali.

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

Ilustrasi Instagram.

Photo :
  • www.pixabay.com/Tumisu

Hingga berita ini dibuat, belum ada pernyataan resmi dari Meta, perusahaan induk Facebook dan Instagram, mengenai penyebab gangguan ini.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Pengguna juga melaporkan kesulitan dalam melakukan reset password dan menggunakan verifikasi dua langkah (two-factor security) untuk login.

Gangguan ini tentu menimbulkan kekhawatiran, terutama bagi bisnis yang mengandalkan Facebook sebagai platform pemasaran.

Kejadian ini semakin menunjukkan peran penting Facebook dalam komunikasi global.Para pengguna yang terdampak pun beralih ke media sosial lain seperti X (sebelumnya Twitter) untuk mengungkapkan kekecewaan dan mencari informasi terbaru, dengan tagar #FacebookDown menjadi trending topic.

Ilustrasi menggunakan Facebook di iPhone.

Photo :
  • Pexels

Instagram, yang juga dimiliki oleh Meta, tampaknya juga mengalami gangguan serupa, khususnya untuk pengguna desktop.

Sementara itu, untuk pengguna aplikasi, Instagram tampaknya masih bisa diakses oleh sebagian besar pengguna. Pihak Meta, perusahaan induk Facebook dan Instagram, belum memberikan informasi resmi mengenai waktu pemulihan layanan penuh.

Namun, mereka mengimbau para pengguna untuk mengikuti perkembangan terbaru melalui sumber resmi perusahaan Meta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya