Facebook dan Instagram Down, Pengguna Ramai-ramai Ngeluh di X: Sudah Beberapa Jam Tumbang Semua!

Ilustrasi pengguna Facebook.
Sumber :
  • www.pixabay.com/geralt

Jakarta – Facebook dan Instagram milik Meta tampaknya mengalami masalah teknis yang meluas sejak Selasa malam, 5 Maret 2024 dengan ribuan pengguna mengalami kegagalan saat mengakses layanan media sosial tersebut.

Perang OS VR, Mark Zuckerberg Bakal Geser visionOS Milik Apple dengan Meta Horizon

Dilansir dari Variety, para pengguna melaporkan masalah termasuk tiba-tiba keluar dari akun Facebook mereka. Menurut layanan pemantauan Down Detector, laporan kesalahan melonjak setelah pukul 22.30 WIB.

Sejumlah pengguna pun mengeluh di Twitter atau X. Di website Down Detector yang memantau situs down, ratusan ribu laporan sudah dilayangkan mengenai gangguan di Facebook dan Instagram ini. Ada juga yang menyebut layanan Messenger ikut bermasalah.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Ilustrasi WhatsApp, Instagram dan Facebook.

Photo :
  • Pixabay

"Akun facebook banyak yang tumbang," tulis sebuah komplain di X.

Harta Kekayaan Elon Musk Lenyap Rp 45 Triliun dalam Sekejap, Ini Penyebabnya

"Iya udah dari satu jam lalu begini... sampai sekarang pukul 23.00, belum bisa akses instagram dan facebook," tulis pengguna yang lain.

Sampai berita ini dibuat, gangguan Facebook dan Instagram down masih berlangsung dan belum diketahui apa penyebabnya. Pihak Meta selaku induk perusahaan belum memberikan penjelasan.

Ilustrasi menggunakan Facebook di iPhone.

Photo :
  • Pexels

Sepertinya, gangguan yang terjadi cukup parah karena durasinya yang panjang dan menimpa beberapa layanan sekaligus. Biasanya, biang keladinya terletak di bagian server.

"Facebook, Messenger dan Instagram tidak aktif di seluruh dunia, menyebabkan ratusan ribu pengguna tidak dapat mengakses platform media sosial itu," tulis media Daily Mail di Inggris.

Perlu diketahui, ada sekitar 5,725 keluhan mengatakan Facebook down, di mana 53 persen dari pengguna tidak bisa login ke platform media sosial tersebut.

Sementara itu, 29 persen bermasalah dalam hal koneksi server dan 18 persen lainnya mengalami trouble dengan aplikasi di Android dan iOS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya