5 Ramalan Kiamat yang Berhasil Buat Geger Umat Manusia

Ilustrasi kiamat.
Sumber :
  • Crosswalk

Jakarta – Setiap beberapa tahun, tampaknya ada ramalan tentang kedatangan hari kiamat. Fenomena apokaliptik terakhir mengaitkan akhir bumi dengan tanggal 21 Desember 2012, menandai akhir siklus besar dalam kalender Maya.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Sejak saat itu, ramalan tentang hari kiamat tidak pernah kekurangan. Namun, mengapa demikian? Mengapa orang membuat ramalan tentang akhir dunia, dan mengapa ada yang percaya padanya?

Apa ramalan tentang kiamat yang paling mencuat di dunia? Berikut adalah lima ramalan kiamat yang paling mencuat, seperti yang dilansir oleh Science How Stuff Works, Jumat, 8 Maret 2024:

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

Ilustrasi kiamat.

Photo :
  • http://www.evogood.com

1. Kalender Maya

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Film "2012" yang dirilis pada tahun 2009 memiliki durasi 158 menit dan menggambarkan banyak kematian dan kehancuran yang menimbulkan pertanyaan tentang tahun 2012.

Ketakutan ini muncul karena beberapa orang menafsirkan kalender Hitung Panjang Suku Maya, yang terbagi menjadi siklus besar sekitar 5.125 tahun.

Salah satu dari siklus ini berakhir pada tanggal 21 Desember 2012, yang dianggap oleh beberapa orang sebagai saat kiamat akan terjadi.

Ada banyak teori tentang bagaimana dunia akan berakhir. Beberapa teori menyatakan bahwa planet misterius seperti Nibiru, Planet X, atau Eris, atau bahkan meteor besar, akan bertabrakan dengan Bumi.

Teori populer lainnya mencakup inversi kutub magnet bumi yang akan menyebabkan rotasi planet terbalik.

2. Shoko Asahara, 1997-2000

Ilustrasi kiamat.

Photo :
  • Institut Astronomi Universitas Hawaii

Inilah pola pikir nabi kiamat Jepang Shoko Asahara. Terlahir sebagai Chizuo Matsumoto pada tahun 1955, Asahara buta total pada satu matanya dan buta sebagian pada mata lainnya.

Kenaikannya menjadi pemimpin aliran sesat dimulai setelah dia ditangkap pada tahun 1982 karena menjual obat-obatan palsu dari apotek tradisional Tiongkok. Calon nabi ini konon kaget dengan kejadian tersebut hingga membuatnya malu dan bangkrut.

3. Gerbang Surga, 1997

Dengan tatapannya yang tajam dan mata terbelalak, Marshall Applewhite tampak seperti pria yang ditakdirkan untuk memimpin sekte kiamat. Dia adalah direktur Heaven's Gate, yang didirikan di Texas pada awal tahun 1970-an.

Kelompok ini segera pindah ke Amerika Barat Daya, tempat Applewhite mulai berkhotbah tentang pesawat luar angkasa yang akan menyelamatkan orang-orang percaya sejati dari akhir dunia dan membawa mereka ke surga dalam "Panggung Di Atas Manusia".

Setelah dua dekade berkhotbah di padang pasir, Heaven's Gate pindah ke California, di mana mereka memulai sebuah perusahaan konsultan online bernama "High Source" untuk membiayai operasi mereka.

Di sana, mereka tinggal di sebuah rumah luas bergaya Spanyol dan dilaporkan menonton episode "The X-Files" dan "Star Trek".

Heaven's Gate berubah menjadi gelap pada tahun 1997 ketika Komet Hale-Bopp menyala di malam hari langit. Semuanya dimulai pada 14 November 1996, ketika Applewhite dan para pengikutnya mendengarkan acara radio Art Bell "Coast to Coast" yang membahas topik UFO.

Selama pertunjukan, seorang astronom amatir menelepon dan mengaku telah memotret objek misterius yang tersembunyi di ekor Hale-Bopp.

Itu semua adalah bukti yang dibutuhkan Applewhite untuk mengkonfirmasi prediksi Pesawat Luar Angkasa pada tahun 1970an. Ia dan kelompoknya segera memulai persiapan untuk mencapai UFO tersebut dengan cara bunuh diri massal.

Ketika polisi tiba di California pada tanggal 26 Maret 1997, mereka menemukan 39 mayat, mengenakan tunik hitam dan kepala ditutupi pakaian. Mereka bunuh diri dengan segelas vodka dan barbiturat atau mati lemas di dalam kantong plastik.

4. Matahari Menjadi Raksasa Merah, 7,6 miliar tahun dari sekarang

Tidak semua nubuatan apokaliptik dipenuhi dengan semangat keagamaan atau fiksi ilmiah; Beberapa di antaranya didasarkan pada ilmu pengetahuan yang dihormati.

Kebanyakan ilmuwan sepakat bahwa setelah 7,6 miliar tahun, Matahari akan mencapai tahap raksasa merah setelah mengubah seluruh hidrogennya menjadi helium.

Hal ini menyebabkan matahari mengembang hingga 20 persen lebih besar dari orbit Bumi dan bersinar 3.000 kali lebih terang. Ketika fase ini berakhir, Matahari akan runtuh menjadi katai putih.

Apakah proses ini menghancurkan planet ini masih diperdebatkan dalam komunitas ilmiah. Jika bumi tetap berada pada orbitnya saat ini, niscaya bumi akan ditelan dan diuapkan oleh matahari yang mengembang.

Namun, saat Matahari mengembang, massanya berkurang, yang berarti Bumi menjauh darinya dan mungkin terhindar dari kehancuran total. Apapun yang terjadi, proses ini akan menghancurkan kehidupan yang kita kenal, jika masih ada kehidupan yang perlu dihancurkan.

5. Penumbuk Hadron Besar, 2009-2012

Bagi siapa pun yang tidak memiliki gelar dalam bidang fisika partikel, Large Hadron Collider (LHC) mungkin tampak seperti mesin yang sangat canggih. Terowongan melingkar di akselerator partikel masif dekat Jenewa, Swiss, memiliki keliling total 17 mil (28 kilometer)

Hal ini dapat menyebabkan proton hidrogen bertabrakan dengan kecepatan yang hampir sama dengan kecepatan cahaya, sehingga memungkinkan para ilmuwan menemukan unsur dan partikel baru yang dapat menjelaskan asal mula alam semesta. Artinya, jika semuanya berjalan sesuai rencana.

Beberapa ahli teori berpendapat bahwa energi masif yang dihasilkan oleh tabrakan tersebut berpotensi membentuk lubang hitam yang mampu menelan seluruh planet.

Ketakutan ini lahir pada bulan Maret 2008 ketika Walter L. Wagner dan Luis Sancho mengajukan gugatan ke pengadilan AS untuk menghentikan operasi LHC sementara para ilmuwan menyelesaikan laporan keselamatan dan penilaian lingkungan.

Meskipun sebagian besar ilmuwan mengakui kemungkinan adanya lubang hitam, mereka meremehkan ancaman tersebut, dengan alasan bahwa anomali semacam itu hanya akan berlangsung beberapa detik tidak cukup lama untuk menelan Bumi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya