Catat! Ini 5 Cara Bedakan Kurma Israel dan Kurma dari Negara Lainnya

Ilustrasi kurma.
Sumber :

Jakarta – Dalam konteks konflik yang terus berlangsung di Gaza, seruan untuk menghindari kurma yang berasal dari Israel semakin menguat. Namun, bagaimana cara mengidentifikasi kurma Israel dari yang lain?

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Kurma adalah salah satu makanan yang selalu tersedia selama bulan Ramadan, dengan rasanya yang manis menjadi pilihan yang cocok untuk berbuka puasa. Israel dikenal sebagai salah satu produsen terbesar kurma Medjool di dunia.

Imbauan untuk tidak membeli kurma yang berasal dari Israel termasuk dalam Fatwa MUI Nomor 83 tentang Dukungan Terhadap Palestina. Fatwa ini menyerukan kepada Muslim di Indonesia agar menghindari pembelian produk-produk asal Israel.

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Ilustrasi kebun kurma.

Photo :
  • Antara/ Maha Eka Swasta

Ada beberapa cara untuk membedakan kurma Israel dari yang lain, sebagaimana yang dikutip dari situs Boycott, Divestment, and Sanctions Australia. Berikut ini beberapa di antaranya.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

1. Periksa Barcode di Kemasan

Salah satu cara mengecek kurma Israel adalah dengan memeriksa barcode yang biasa muncul dalam kemasan.

Hindari produk apa pun dengan barcode yang dimulai dari 729. Nomor ini merupakan nomor seri untuk Israel.

2. Perhatikan Merek Kurma Ekspor Israel

Perhatikan beberapa produk kurma dengan merek ekspor Israel seperti King Solomon, King Medjool, Jordan River, dan Bahri. Pemantauan CNNIndonesia.com, beberapa merek di atas masih tersedia di e-commerce Indonesia.

3. Bentuk Kurma

Kurma merupakan salah satu sumber asam amino terbaik (Photo: Pixabay)

Photo :
  • vstory

Israel dikenal sebagai salah satu produsen kurma Medjool terbesar di dunia. Kurma Medjool sendiri memiliki penampakan fisik yang sedikit berbeda dari kurma lainnya.

Kurma Medjool biasanya hadir dengan ukuran yang lebih besar dan warna lebih gelap. Dagingnya juga tebal dengan biji yang cenderung kecil.

Meski demikian, tak semua kurma Medjool diproduksi di Israel. Beberapa negara lain juga dikenal sebagai produsen kurma Medjool seperti Yordania, Palestina, Maroko, Iran, dan Arab Saudi.

4. Kurma Tanpa Informasi Produsen

Anda juga diimbau untuk memperhatikan kurma tanpa informasi perusahaan produsen dan asal negara produksi yang jelas. Hindari kurma yang dikemas seperti ini agar terhindar dari trik produsen Israel untuk mengelabui pembeli.

5. Harga Lebih Murah

Kurma asal Israel biasanya dibanderol dengan harga lebih murah dari jenis kurma lainnya di pasaran. Pasalnya, pemerintah Israel memberikan subsidi untuk hal ini.

Demikian beberapa cara membedakan kurma Israel dengan jenis kurma lainnya. Semoga bermanfaat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya