5 Jenderal TNI Pemilik Brevet Astros, Banyak Sosok Tak Terduga

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak didampingi sejumlah perwira TNI AD memberikan keterangan di Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa, 5 Maret 2024.
Sumber :
  • ANTARA/Ricky Prayoga

Jakarta – Beberapa jenderal TNI telah memperoleh Brevet Astros dari Pusat Kesenjataan Artileri Medan (Pussenarmed) TNI Angkatan Darat (AD).

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Para pemegang brevet ini telah mengikuti berbagai pelatihan yang memungkinkan mereka untuk mengoperasikan senjata artileri medan, termasuk peluncur roket MLRS Astros II MK 6.

Astros II MK 6 adalah sistem peluncuran roket multipel atau Multiple Launch Rocket System (MLRS), yang merupakan senjata utama TNI AD sebagai dukungan tembakan. Operasional Astros II MK 6 dilakukan oleh Satuan Armed TNI AD.

Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

VIVA Militer: Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak disematkan Brevet Astros

Photo :
  • Penkostrad

Astros merupakan singkatan dari Area Saturation Rocket System (Astros), nama yang diberikan untuk peluncur roket yang diproduksi oleh Avibras Aerospacial Brazil pada tahun 1983 dan terus dikembangkan hingga saat ini. Nah, Berikut deretan TNI dengan Pemilik Brevet Astros yang VIVa rangkum dari berbagai sumber sebagai berikut.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

1. KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak

Maruli Simanjuntak merupakan Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat yang kini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ke 35.

Abituren Akademi Militer (Akmil) 1992 dari kesatuan Infanteri Kopassus ini tercatat sebagai salah satu jenderal yang memiliki Brevet Astros.

Penghargaan tersebut diterima saat Maruli menjabat sebagai Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Brevet kehormatan tersebut diberikan pada Puncak Latihan Penembakan Senjata Berat Terpadu Pussenarmed Kodiklatad TA 2022 di Daerah Latihan, Desa Ujung Genteng, Kec. Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Jumat, 13 Mei 2022.

Sebelum penyemetan brevet, Jenderal kelahiran Bandung, Jawa Barat, pada 27 Februari 1970 sekaligus menantu dari Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan in terlebih dahulu melakukan penembakan secara langsung Roket MLRS Astros II MK 6 milik Yonarmed 10 Kostrad dengan munisi SS-60 dan SS-80 jarak 60 km baik single maupun triple.

2. Jenderal TNI (Purn) Dudung Abdurachman

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal (Purn) Dudung Abdurachman

Photo :
  • YouTube: Deddy Corbuzier

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini tercatat sebagai salah satu Jenderal TNI yang memiliki Brevet Astros.

Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1988 ini mendapatkan brevet kehormatan tersebut bersamaan dengan penyematan kepada Pangkostrad yang saat itu dijabat oleh Letnan Jenderal (Letnan) TNI Maruli Simanjuntak.

Jenderal TNI kelahiran Bandung, Jawa Barat pada 19 November 1965 merupakan tokoh militer yang cukup disegani. Ketegasannya dalam mengambil keputusan membuatnya dihormati.

Selama meniti kariernya di militer, Dudung dipercaya menduduki sejumlah jabatan penting di institusi TNI. Antara lain, Gubernur Akmil, kemudian Pangdam Jaya selama setahun sejak 2020 hingga 2021.

Kariernya terus menanjak, Dudung kemudian diangkat menjadi Pangkostrad sebelum akhirnya menjadi orang nomor satu di matra darat sebagai KSAD.

3. Letjen TNI (Purn) Alfred Denny Djoike Tuejeh

Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1988 dari kecabangan Artileri Medan (Armed). Mantan Inspektur Jenderal TNI Angkatan Darat (Irjenad) ini tercatat sebagai salah satu jenderal yang memiliki Brevet Astros.

Penyematan brevet kehormatan kepada Jenderal kelahiran Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut) pada 5 Desember 1965 ini sangat tepat. Pasalnya, mantan Kepala Dinas Angkatan Darat (Kadispenad) ini mengawali karier militernya dari Armed.

Dia mengawali karier militernya sebagai Danyon Armed 12/Angicipi Yudha, Danmenarmed 2/Putra Yudha. Wadanpusterad kemudian Pangdam XIII/Merdeka sebelum akhirnya menjabat sebagai Irjenad hingga purna tugas.

4. Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa

Mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Andika Perkasa

Photo :
  • YouTube: Total Politik

Andika Perkasa merupakan lulusan Akmil 1987 dari kecabangan Infanteri Kopassus. Mantan Panglima TNI ini tercatat sebagai salah satu jenderal yang memiliki Brevet Astros.

Selama meniti kariernya di militer, menantu dari Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal TNI (Purn) AM Hendropriyono ini merupakan sosok prajurit TNI yang memiliki karier cemerlang. Berbagai jabatan strategis pernah diembannya.

Andika mengawali kariernya sebagai perwira pertama infanteri di Korps Baret Merah Kopassus, tepatnya di Grup 2/Para Komando dan Satuan 81 Penanggulangan Teror (Gultor) selama 13 tahun.

Andika juga pernah menjabat sebagai Danpaspampres, Pangdam XII/Tanjungpura, Dankodiklatad, Pangkostrad, kemudian sebagai KSAD, dan puncaknya sebagai Panglima TNI.

5. Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno

Jenderal TNI yang juga memiliki Brevet Astros adalah Mochamad Syafei Kasno. Saat ini, lulusan Akmil 1990 dari kecabangan Artileri Medan (Armed) tersebut menduduki jabatan sebagai Asisten Teritorial Panglima TNI.

Lahir di Manado, Sulawesi Utara (Sulut) pada 24 November 1967, Mochamad Syafei Kasno banyak bertugas di kesatuan Armed. Berbagai posisi pernah di tempatinya selama bertugas di kesatuan tersebut. Di antaranya, Kasi 1 Intel Men Armed 1/PY/Kostrad, Wadanyonarmed 11/1/2 Kostrad.

Selain itu, Danyonarmed 5/105 Kodam III/Siliwangi, kemudian Wadanpusdik Armed Pussenarmed Kodiklatad. Kariernya terus meningkat, Mochamad Syafei Kasno kemudian dipercaya menjadi Danmen Armed 1/SY Divif 1 Kostrad, Pangdam XIV/Hasanuddin.

Selanjutnya, Dosen Tetap Unhan, Pa Sahli Tk. III Bidang Wassus dan LH Panglima TNI sebelum akhirnya diangkat menjadi Aster Panglima TNI hingga sekarang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya